Rabu, 23 Desember 2020

Wisata Lubang Jepang {Lobang Japang} Bukittinggi

Lubang Jepang Lobang Japang adalah objek wisata sejarah berlokasi pada kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Berbentuk contohnya terowongan dibawah tanah dibangun dalam tahun 1942 yg digunakan menjadi tempat pertahanan

Wisata Lubang Jepang {Lobang Japang} Bukittinggi. Poto oleh: http://travel.dream.co.id/

Sejarah Lubang Jepang {Lobang Japang}

Waktu penjajahan Jepang, mereka membutuhkan lokasi yang digunakan sebagai tempat penyimpanan, pembekalan, dan suplai perperangan. Maka dipilihlah lokasi dekat ngarai yang sangat strategis untuk membuat terowongan yang multifungsi sebagai tempat penyergapan, penyekapan, dan penjara. Panjang terwongan mencapai 1400 meter dibawah tanah dengan lebar sekitar 2 meter. Berkelok-kelok saling berhubungan diantara ruangan yang dibuat.

Lobang Jepang {Lobang Japang} Bukittinggi pada waktu pendudukan penjajahan Jepang sebagai pusat pemerintahan di Sumatera Tengah ini dibangun oleh puluhan ribu tenaga kerja Romusha atau kerja paksa yang berasal dari Kalimantan, Jawa, dan Sulawesi untuk membuat terowongan ini. Tujuan utama penggunakan tenaga kerja luar dari Sumatera Tengah adalah menjaga kerahasian proyek ini. Tenaga lokal dari Bukittinggi digunakan untuk pembangunan proyek terowongan lain yang belokasi di pulau Sumatera seperti Pulau Biak dan Bandung.

Lokasi di Dalam Terowongan Lobang Jepang. Poto oleh: http://usemayjourney.wordpress.com/

Wisata Lubang Jepang {Lobang Japang} Penting di Bukittinggi.

Pengelolaan wisata Lubang Jepang {Lobang Japang} Bukittinggi termasuk dalam objek sejarah dimulai pada 1984 oleh pemerintah kota. Terowongan ini terhubung dengan pintu keluar di kawasan Ngarai Sianok, Kebun Binatang, dan Taman Panorama. Wisata penting ini menjadi aset sejarah nasional yang dipertahankan sebagai tujuan wisata dunia.

Kegiatan di Lubang Jepang {Lobang Japang}

Sebelum memasuki lokasi wisata harus membayar biaya sebelu memasuki Lubang Jepang {Lobang Japang}. Hamparan tempat duduk yang luas seperti plaza dilokasi ini banyak sekali wisatawan bermain dengan monyet liar memberikan makanan, anda juga bisa bermain sebentar dengan mereka sebelum memasuki terowongan ini.

Lobang Jepang {Lobang Japang} terletak kira-kira 25-50 meter dari plaza dengan menelusuri tangga yang sudah baik dan sangat nyaman.  Anda bisa menyewa tour-guide untuk memandu anda memasuki tempat wisata ini untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat lagi mengenai terowongan Jepang.

Tips.

1. Lokasi ini menjadi tujuan wisata penting di kota Bukittinggi. Anda bisa mengunjungi pada jam 09:00 - 16:00 setiap hari. Apabila anda ingin menelusi keseluruhan terowongan dianjurkan pada pagi hari supaya waktu terasa cukup untuk berkunjung semua lokasi didalam Lobang Jepang {Lobang Japang}.

2. Jika anda mengunjungi lokasi wisata ini pada akhir pekan, liburan anak sekolah, atau cuti bersama akan penuh. Sebaiknya pada hari kerja atau cuti kerja.

3. Lokasi wisata sejarah ini merupakan aset sejarah yang harus dijaga bersama-sama. Buanglah sampah pada tempatnya, jangan corat-coret dinding terowongan, serta jaga kesopanan. Dengan cara ini anda turun berperan serta menjaganya dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

4. Diatas lokasi wisata Lobang Jepang {Lobang Japang} tersedia toilet, musholla, lapangan parkir yang luas, tempat duduk, dan tempat bermain anak. Apabila anda sudah selesai mengunjungi terowongan dapat rehat sejenak dilokasi ini yang masih asri dan berpoto dengan latar Ngarai Sianok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar