Selasa, 29 Desember 2020

Pulau yang Wajib Anda Kunjungi ke Togean

Gugusan pulau Togean pada Sulawesi Tengah menjadi surga baru bagi wistawan. Tersembunyi dari keheningan berbicara dengan keindahan alam bawah bahari. Cocok sekali wisata laut yg sebagai tema festival pesona kepulauan Togean. Acara tahunan ini menjadi kenaikan pangkat buat seluruh wisatawan domestik

http://backpackers.blogspot.com/

Gugusan pulau yang berada di Teluk Tomini - Sulawesi Tengah sangat unik dengan potensi wisata yang harus dikembangkan. Di lokasi ini anda dapat melakukan banyak aktifitas bahari seperti berlayar, berenang, memancing, bahkan menyelam. Masih alaminya pulau kecil dan besar dan masih lengkap flora dan faunanya. Disinilah anda dapat melihat secara langsung rumah asli Suku Bajo yang telah lama ditinggalkan oleh pemiliknya. Keunikannya adalah semua bangunan rumah tidak menggunakan paku sebagai perekat antara kayu.

Bagaimana cara kesana.

Dari Jakarta anda harus menuju ke Palu atau Gorontalo menggunakan pesawat udara. Perjalanan selama 2 jam harus ditambah dengan perjalanan darat selama 10 jam. Setelah sampai ke kota Ampana harus melanjutkan menaiki Ferry menuju Pulau Togean. Kapal Ferry akan bersandar di Pulau Batudaka. Alternatif lain anda juga bisa dengan rute Marisa - Gorontalo dengan menaiki Ferry KM Tuna Tomini selama 12 Jam.

Inilah wisata pulau yang wajib anda kunjungi jika berlibur ke Togean. Eksotis dengan hempasan ombak dibibir pantai salah satu pemikat magis para traveller.

1. Pulau Togean.

http://www.indonesia-tourism.com/forum/showthread.php?52727-Togean-Island

Pulau pertama yang harus anda kunjungi Pulau Togean itu sendiri. Bukit yang terpajang seperti panorama Bukit Barisan di Pulau Sumatera. Tetapi berbeda di Togean, bukitnya membelahnya di Teluk Tomini. Kegiatan lain dilokasi ini anda dapat melakukan trekking atau hiking kedalam hutan yan ada di Pulau Malenge. Tentu anda akan langsung bertemu dengan Suku Bajo.

http://www.indonesia-tourism.com/forum/showthread.php?52727-Togean-Island

Pulau Togean merupakan taman nasional yang terletak di Teluk Tomini. Disinilah lokasi terumbu karang yang masih baik kondisinya dan biota laut sebagai penghuninya.

2. Pulau Una-Una.

http://www.indonesia-tourism.com/forum/showthread.php?52519-Una-Una-Island-Tomini-Gulf

Masih dalam kawasan Togean, Pulau una-una mempunyai keunikan dengan pasor pantainya berwarna hitam. Penyebabnya terjadi letusan hebat Gunung Colo pada masa silam. Gunung ini masih aktif sampai sekarang. Potensi pulau ini mempunyai pulau-pulau kecil disekitar yang akan memanjakan anda dibidang bahari. Di lokasi ini anda akan menemukan biota laut yang sangat baik perkembangannya seperti ikan napoleon, karang payung, ubur-ubur, dan aneka ragam jenis kepiting.

Untuk spot diving berada di lokasi Bomber Wreck Point sebagai titik utama semua biota laut berkumpul.

Penginapan.

Sudah mulai banyaknya para wisatawan datang ke Pulau Una-Una, penginapan sudah tersedia untuk ditempati. Untuk hotel berbintang belum tersedia disini tetapi penginapan dengan skala backpacker mulai dari IDR 200,000 - IDR 1,500,000. Harga ini sudah termasuk makan sebanyak tiga kali.

3. Pulau Kadidiri.

http://www.indonesia-tourism.com/forum/showthread.php?52519-Una-Una-Island-Tomini-Gulf

Terdapatnya karang Barrier yang sangat tajam di Pulau Kandiri. Sebagai tempat favorit untuk snorkeling, berenang, dan bermain dibibir pantai. Lokasi sangat berdekatan dengan Pulau Togean jadi anda bisa menggunakan transportasi laut yang tersedia untuk sampai ke Pulau Kandidiri.

Penginapan.

Referensi dari beberapa backpacker menginap di Pulau Kandiri yang bisa sekaligus anda melakukan penjelajahan bawah laut di sekitaran dermaga. Lokasinya sangat tenang sehingga anda dapat melihat sunset secara bersamaan. Harga penginapan sangat bervariasi mulai dari IDR 300,000 - IDR 1,000,000.

4. Pulau Batudaka.

http://panoramio.com/

Pulau ini pulau terbesar di gugusan pulau Togean. Anda dapat mengunjungi Desa Bomba dengan banyak aktifitas disana seperti berenang, snorkeling. Jangan lupa ke lokasi penomena yaitu Gua Kelelawar. Di lokasi ini masih satu Pulau Batudaka, anda dapat melihat kehidupan Suku Bajo yang sangat eksotis sebagai manusia perahu.

5. Dinding Taipi.

Lokasi ini masih berada di Pulau Kadidiri. Menempuk jarak sekitar 4 km ke selatan. Disini spot penyelaman dengan geografi dinding karang vertikal dari utara ke selatan. Anda jangan khawatir akan arus yang sangat bersahabat dengan kedalaman mulai dari 5-30 meter. Masih lengkapnya terumbu karang serta biota laut yang akan memanjakan mata anda dengan aneka ragam warna yang menyatu di terumbu karang.

6. Pulau Enam.

Lokasi yang masih berdekatan dengan Pulau Kadidiri dengan jarak 16 km, disinilah terdapat bangkai pesawat pembom dari USA B24 jatun pada tahun 1945. Harta karun yang harus anda lihat dengan masih lengkapnya kondisi pesawat serta mesinnya.

Tips.

1. Wisata ini membutuhkan biaya yang cukup besar untuk menelusuri keseluruhan gugusan Pulau Togean. Jadi persiapkan anggaran untuk akomodasi yang dikeluarkan selama berlibur.

2. Jika anda tidak bisa melakukan wisata sendirian, ingin menghemat biaya penginapan dapat dibuat jadwal liburan bersama. Bisa sharing cost untuk itu.

3. Jika dibutuhkan anda dapat menggunakan tour-guide yang sudah ada melayani wisata diseluruh kepulauan Togean. Harus dilihat track recordnya membantu para wisatawan dan tentu harga yang sangat kompetitif. Anda bisa menyeleksinya dari rekomendasi dari forum backpacker.

4. Selalu sesuaikan dengan kondisi fisik anda melakukan penjelajahan seperti ini. Situasi pulau yang cukup memakan waktu dengan jarak tempuh yang cukup jauh maka stamina anda harus sangat fit.

5. Selama berwisata jangan lupa menunaikan solat fardhu. Anda dapat melakukannya bersamaan dengan menelusuri pantai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar