Rabu, 23 Desember 2020

Sate Mak Syukur Padang Panjang

Begitu fenomenal Sate Mak Syukur Padang Panjang menjadi suguhan sate daging sapi yg wajib bila lagi wisata pada Sumatera Barat. Rasa sate yg sangat gurih ini sudah menyihir masakan Indonesia memakai kuah yg legit menyelimuti ketupat

Sate ini dimulai pada tahun 1941. Mak Syukur memikulnya untuk dijual disekitar kota Padang Panjang. Beliau lahir pada tahun 1911 yang sudah mempunyai jiwa dagang pada umur 20-30 tahun. Nama asli beliau adalah Syukur Sutan Rajo Endah yang sangat ulet dan sabar mengembangkan bisnis sate ini menjadi sekarang. Beliau wafat pada tahun 1985.

Dengan berjalannya waktu, Sate Mak Syukur Padang Panjang sudah merambah beberapa kota besar di Indonesia termasuk DKI Jakarta. Jerih payah beliau mencari pelanggan untuk membeli sate buatannya malah sekarang berbalik pelanggan yang rela antri untuk mendapatkan sepiring sate yang lezat. Bahkan pejabat daerah dan nasional rela datang dan antri untuk menikmati sate kebanggaan ini.

Menjadi trending topik di sosial media menjadikan kuliner wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat. Lokasi yang sangat strategis terletak di jalan utama Padang-Bukittinggi ini berjejer mobil pribadi yang rela parkir untuk singgah melepas penat dengan menikmati sepiring Sate Mak Syukur yang begitu penomenal. Sate ini disajikan diatas piring dengan selembar daun pisang yang masih dipertahankan jika anda berkunjung ke kios Sate Mak Syukur yang berlokasi di Padang Panjang.

Sepiring Sate Mak Syukur Padang Panjang dengan Kuah Kuning Kental

Menikmati Sate Mak Syukur Padang Panjang ini tidak lengkap dengan beberapa cemilan khusus dari kulit sapi sebagai pendamping makan sate. Kerupuknya cukup besar dengan sekali gigit "kresss" berpadu dengan kuah siap menggoyang lidah anda. Ciri khasnya adalah dari kuah yang kental berpadu dengan bawang goreng dan bumbu pilihan tadi, serta daging empuk dari punuk sapi inilah menjadi rahasia daging yang digunakan. Jenis daging yang disajikan kepada konsumen juga bervariasi mulai dari usus, jantung, lidah, jeroan, ataupun daging utuh. Terserah anda bisa kombinasi atau sesuai dengan pilihan lainnya.

Di kios Sate Mak Syukur Padang Panjang ini juga tersedia minuman unik yang bernama sorbat telur, yaitu minuman jahe campur telor yang sangat angat ditubuh. Minuman ini sangat cocok sekali pada cuaca dingin dan sejuk seperti Padang Panjang sebagai minuman favorit bagi wisatawan.

Pelajaran berharga dari Mak Syukur.

Sate ini pada waktu pikulan Mak Syukur berjalan sampai ke kota Padang Panjang yang rutenya cukup mempunyai tanjakkan. Begitu gigihnya beliau menjual kuliner yang telah menjadi legendaris seperti ini dengan proses yang sangat panjang. Apalagi dimulai pada tahun 1941 kondisi masih dalam perperangan dan keadaan ekonomi sangat sulit, tetapi beliau tetap menekuni bisnis sate. Perjuangan beliau tidak sia-sia pada tahun 1980 an Sate Mak Syukur sudah mulai banyak dikenal oleh masyarakat luas dan bahkan sekarang sudah mulai membuka cabang di kota Jakarta. Butuh 40 tahun merintis bisnis menjadi sebagus ini dengan keuletan dan kesabaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar