Jumat, 25 Desember 2020

Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta adalah lokasi loka peninggalan gedung tua dalam masa Kolonial Belanda menggunakan sebutan Kota Batavia pada abad ke 17. Bangunan tua bergaya Eropa

Museum Fatahilah . Poto by: http://nabilahandrini.wordpress.com/

Salah satunya adalah Museum Fatahillah yang terletak di pusat Kota Tua Jakarta. Tetapi anda tidak akan percaya, ada beberapa objek wisata kota tua lainnya yang ada disekitar Museum Fatahillah ini seperti Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Stasiun Jakarta Kota, Batavia Cafe, Menara Syahbandar, dan Hotel Batavia. Tentu tempat ini akan anda habiskan dalam sehari penuh untuk menikmati liburan ini disekitar kota Jakarta.

Napak Tilas Sejarah

Gaya arsitektur gedung merupakan cikal-bakal perkembangan kota Jakarta pada saat ini. Pembangunan hotel di muara sungai Ciliwung ini sebagai pusat berkumpulnya para saudagar untuk bertransaksi di Batavia pada waktu itu. Menjadi pusat perdagangan dunia yang cukup sibuk ini telah menjadi incaran beberapa negara Eropa untuk mendudukinya. Sebagai tempat penting yang bernama Sunda Kelapa inilah menjadi pintu masuk ke Kerajaan Hindu yang berada di Sunda Pajajaran yang terletak di Bogor. Negara Portugis adalah armada pertama dari dataran Eropa yang melabuhkan kapalnya di daerah Sunda Kelapa.

Di daerah Sunda Kelapa inilah awal penyerang Kerajaan Demak yang dipimpin oleh Fatahillah. Setelah direbut pada 22 Juni 1527 berubah nama menjadi Jayakarta yang berarti kota kemenangan dan kemuliaan. Maka setiap tanggal ini diperingati sebagai ulang tahun kota Jakarta.

Pada abad ke 16 Belanda datang merebut Jayakarta dibawah pimpinan Jan Pieterszoon Coen. Kemudian terjadi perubahan mulai dari nama Jayakarta menjadi Batavia termasuk konstruksi gaya bangunan. Pada masa penjajahan Jepang 1942-1945 Batavia berubah nama Jakarta.

Tempat menarik lainnya disekitar Kota Tua Jakarta.

Glodok adalah kota Cina (China-Town) berlokasi sekitar 1-2km dari Kota Tua Jakarta. Taman Impian Jaya Ancol memiliki beberapa arena liburan seperti SeaWorld Indonesia, Dunia Fantasi, yang berlokasi 3-5 km dari kota tua.

Cara Aman Wisata Kota Tua Jakarta.

Apabila anda mempunyai waktu bersama keluarga melakukan wisata sejarah kota tua sempatkanlah juga berwisata di sekitar lokasi ini. Objek wisata disekitar lokasi sangat mudah ditemui hanya berjalan kaki untuk mengunjungi lokasi lain. Tentu ada jasa ojek atau none Belanda yang perlu berselfie ria cukup asik dilakukan. Sambil menggunakan sepeda ontel mengelilingi kota tua juga lebih mengasikan lagi.

Perjalan wisata kota tua Jakarta sebaiknya di pagi hari, setelah itu menuju lokasi wisata lainnya seperti museum disiang hari.

Akses transportasi publik tersedia untuk menuju lokasi kota tua Jakarta. Sepeti commuter-line, TransJakarta, atau Taksi. Sangat terkoneksi semua moda transportasi menjadikan wisata kota tua dan tentu anda bisa memilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar