Selasa, 15 Desember 2020

Apa Saja Kegiatan di Kota Padang Dalam Satu Hari Penuh Secara Backpacker atau Anggaran Ketat Budget Murah

Setelah sampai pada kota Padang Sumatera Barat apa saja aktivitas yang akan dilakukan disana dalam waktu satu hari penuh sang seseorang backpacker. Kegiatan ini dilakukan melihat beberapa objek wisata alam, sejarah, serta pantai. Kegiatan ini membutuhkan fisik yg bertenaga & stamina yg prima. Semuanya berhubungan dengan waktu poly diluar memakai bantuan sepeda motor buat menelusuri holistik objek wisata yang aku maksud. Rincian daftar lokasi ini aku untuk lantaran saya menjadi orang lokal ingin menerangkan berita ini bagi rekan yang memiliki anggaran terbatas budget murah terjangkau memakai kantong.

Saya ilustrasikan itinerary kegiatan ini sehabis rekan telah menginap pada kota Padang satu hari sebelumnya. Kegiatan ini dilakukan pada pagi hari dimulai pada jam 07:00 sampai menggunakan 18:00 WIB. Keseluruhan kegiatan ini homogen-rata berlokasi pada tepi pantai yg tentu akan menaruh disparitas makna lain. Kota Padang adalah kota pesisir pantai yg mempunyai objek wisata yang wajib dikunjungi sebelum meninggalkan kota ini. Praktis sekali mencapainya

1. Wisata Kota Tua Padang.

Inilah kegiatan yang harus dilakukan untuk melihat saksi bangunan bersejarah di kota Padang yang terletak di sepanjang sungai batang arau. Banyaknya bangunan sejarah dengan bergaya khas kolonial Belanda pada zamannya sebagai tempat penyimpanan barang atau aktifitas perdagangan seperti rempah-rempah atau bongkar muat bahan-bahan industri perdagangan. Jangan khawatir untuk rekan backpacker kegiatan ini tidak dipungut bayaran alias gratis. Dimulai dari ujung jalan seberang padang menelusuri jalan pasar mudiak sampai dengan lokasi muara. Lokasi ini dapat digunakan sebagai eksplorasi potography sambil menikmati peninggalan sejarah. Kegiatan ini sangat populer di kota Padang yang dilakukan oleh kawula muda yang ingin melihat gedung-gedung tua bersejarah di masa Kolonial Belanda. Dapat dikatakan kota tua ini merupakan satu kompleks disekitar Sungai Batang Arau.

Pesona Kota Tua Padang berlokasi di Jl Kampung Nias. Poto oleh: Pesona Alam Minang - blogger

Indahnya Kota Tua Padang. Poto oleh: PADANG INDAH KEMILAU Holiday - WordPress.com

Wisata kota tua di kota Padang ini sudah mendapat perhatihan khusus oleh Pemerintah Kota untuk merevitalisasi gedung tua dengan perawatan dan pembenahan. Pada saat sekarang sudah terlihat beberapa gedung tua sudah mulai terlihat dikerjakan. Kondisi kota tua di kota Padang cukup memprihatinkan beberapa dekade belakangan ini tidak adanya atensi penuh dari Pemkot dan ditambah dengan gempa yang cukup besar pada waktu yang lalu memperparah kondisi gedung tua yang ada di sepanjang sungai Batang Arau. Ada yang roboh, retak, dan ada juga yang masih kuat berdiri.

2. Gedung Bank Indonesia dan Gedung Bank Mandiri.

Gedung Bank Mandiri di Kota Tua Padang. Poto oleh: Jelajah Nagari Awak - blogger

Kedua jenis bangunan Bank ini adalah saksi sejarah di Kota Padang betapa pentingnya kota ini sebagai basis perekonomian kolonial Belanda. Kedua gedung ini masih terawat baik oleh instansi perbankan masing-masing. Masih berdiri kokoh dengan baiknya perawatan dari instansi bank yang menempatinya dan masih sempurnanya desain masa kolonial masih terlihat. Untuk Gedung Bank Mandiri masih beroperasi sebagai bank utama dan Gedung Bank Indonesia hanya sebagai museum saja yang masih bisa dinikamti arsitekturnya.

3. Jembatan Siti Nurbaya.

Lokasinya tidak jauh dari Gedung Bank Indonesia dan Gedung Bank Mandiri. Jembatan ini sebenarnya menghubungkan sisi dari kota utama dengan sisi kota di bukit Padang. Infastruktur ini dibangun oleh Pemerintah Kota untuk mengapresiasi pendapat masyarakat untuk memberikan suatu landmark yang mengadopsi cerita rakyat Siti Nurbaya yang konon dimakamkan di Gunung Padang. Jadi, alasan pembangunan jembatan untuk menunjang pariwisata khususnya di kota Padang.

4. Pantai Air Manis.

Kegiatan yang tidak boleh terlewatkan oleh rekan semuanya yang dapat dilakukan secara backpacker yaitu mengunjungi Pantai Air Manis. Pantai ini sangat cantik sekali dan terdapat miniatur Batu Malin Kundang. Lokasinya menuju ke arah Teluk Bayur dan memasuki gerbang yang bernama Mata Air. Menuju lokasi Pantai Air Manis sangat alami sekali dengan kondisi jalan yang baik mendaki menelusuri bukit. Tanjakan ini sekitar 5-15 menit perjalanan yang akhirnya sampai di Pantai Air Manis. Jika menggunakan sepeda motor menelusuri jalan seberang padang menuju teluk bayur.  Untuk kegiatan disekitar Pantai Air Manis ini adalah sebagai berikut:

#1. Melihat pemandangan kota Padang dan Pantai Air Manis dengan mengikuti olah raga Paralayang yang berada di Bukit Gado-Gado. Anda harus melakukan kegiatan ini mulai puncak bukit ini anda telah disuguhkan pemandangan yang rancak bana. Untuk mengikuti Paralayang ini anda harus membayar IDR300.000 per orang yang telah diikutsertakan pemandu yang akan terbang bersama anda. Pastikan anda melakukan kegiatan ini pada cuaca cerah sehingga kenyamanan untuk melihat indahnya pesisir Pantai Air Manis dan pulau kecil sekitar menjadi lebih sempurna.

#2. Menaklukan ombak di Pantai Air Manis dengan mencoba surfing. Ombak disekitar pantani sangat cocok sekali bagi pemula yang ingin mencoba bermain dengan papan selancar. Pastikan anda telah melakukan pemanasan dan pakaian khsusu agar surfing bisa lebih nyaman. Untuk sewa papan selancar dimulai dari harga IDR50.000. dan akan dipandu oleh tour sufing yang akan mengajari anda bagaimana teknik yang baik.

#3. Jangan lupa mencoba ATV untuk menyusuri pantai. Tentu kegiatan ini sangat disenangi oleh para turis lokal dan luar kota yang ingin menikmati suasana pantai dengan ATV. Untuk harga dimulai dari IDR50.000 tergantung lamanya waktu sewa yang anda inginkan.

#4. Jangan lupa melihat patung si Malin Kundang anak yang dikutuk oleh ibunya menjadi bantu. Spot tempat wisata ini sangat banyak dikunjungi oleh para turis sebagai pelengkap wisata disekitar Pantai Air Manis di kota Padang.

5. Taplau atau Tepi Pantai Padang.

Setelah menelusuri seluruh poin diatas, sekarang ada kegiatan yang masuk ke dalam daftar kegiatan yang dilakukan dalam satu hari secara backpacker adalah taplau atau tepi pantai Padang. Taplau adalah singkatan dari urang awak yang dalam Bahasa Indonesia berarti Tepi Pantai.

Kondisi taplau sekarang sudah jauh berbeda jika dibandingkan beberapa dekade belakangan ini. Pembenahan oleh Pemrintah Kota Padang sangat serius menggarap pariwisata pantai sebagai andalan wisata yang bisa menggerakan ekonomi masyarakat secara keseluruhan. Penataan kota dengan menenpatkan para pedagang pada lokasi dan adanya jam tertentu untuk memberikan waktu untuk mereka berdagang sesuai dengan kesepakatan dengan Pemkot.

Kegiatan di taplau dapat rekan backpacker lakukan seperti menelusuri seluruh pantai dimulai dari Logo Padang, Pantai Muaro Lasak, sampai ke Tugu Merpati. Lokasi ini adalah lokasi strategis untuk menikmati kota Padang dan sunset. Jangan salah, lokasi ini akan penuh sesak dengan kendaraan baik roda empat atau roda dua untuk menikmati senja di pantai Padang.

Untuk melengkapi suasana sore anda juga coba kudapan ringan sore hari dimulai dari pensi, langkitang, kerupuk mie, dan kelapa muda. Camilan ini wajib dicoba agar suasana melihat sunset bisa lengkap dengan sruput menu ringan yang sangat gurih dan lezat.

6. Museum Aditiyawarman.

Keseluruhan kegiatan ini dapat rekan lakukan satu hari apabila berada di kota Padang. Semua kegiatan ini sangat mudah sekali dilakukan dan lokasinya satu arah. Saya ambil awal mula menikmati wisata kota Padang dari sungai Batang Arau, kemudian menuju ke Pantai Air Manis, dan akhirnya menuju ke taplau atau pantai Padang untuk menikmati sunset di sore hari. Seluruh kegiatan ini sangat pas waktunya satu hari penuh dengan biaya yang relatif tidak mahal dan sesuai dengan kocek dompet. Apabila rekan backpacker mempunyai waktu berlibur di kota Padang dan tidak membutuhkan biaya yang tidak terlalu mahal, poin ini sangat penting sekali.

Museum ini mempunyai cukup lengkap koleksi sejarah dimulai dari geologikan, arkeologi, biologika, dan seterusnya. Museum ini juga tersedia diaroma yang menjelaskan adat istiadat Minang yang sudah mengakar budaya turun-temurun. Jadi lokasi ini cukup baik melengkapi kegiatan apa saja yang dilakukan dalam satu hari penuh secara backpacker atau angaran ketat budget.

Tips untuk mengikuti keseluruhan kegiatan yang dilakukan di kota Padang, Sumatera Barat menjadi aman dan nyaman.

1. Saya merekomendasikan minimal menggunakan kendaran roda dua untuk menempuh semua perjalanan yang saya jelaskan diatas. Memang lokasi relatif tidak jauh tetapi waktu adalah tujuan utama. Apabila rekan habis waktu untuk satu objek akan berdampak objek wisata lain akan terbengkalai.

2. Selalu siapkan uang yang cukup untuk keperluan belanja makan, parkir, dll untuk memudahkan kegiatan yang akan dilakukan yang ada di seluruh kota Padang.

3. Saya merekomendasikan rekan cukup paham lokasi yang akan dikunjungi. Tetapi, jangan kawatir apabila terjadi keraguan dapat menggunakan GPS [Global Positioning System] lewat smartphone untuk memudah jalan yang akan ditempuh.

4. Apabila masih juga terkendala dengan keraguan dapat bertanya ke penduduk setempat yang dapat membantu rekan backpacker untuk menuju lokasi objek wisata.

5. Jangan kawatir, di kota Padang Sumatera Barat tempat menunaikan sholat lima waktu sangat banyak tersedia. Karena mayoritas penduduk kota Padang adalah muslim tentu mempunyai banyak mesjid untuk menunaikan ibadah ini.

6. Serta jangan lupa untuk mempersiapkan tempat penginapan yang telah di reservasi sebelumnya. Hal ini sangat penting apabila waktu sudah sore menjelang malam rekan semua harus beristirahat.

Semoga penjelasan ini dapat membantu rekan backpacker yang ingin melakukan keseluruhan kegiatan wisata di kota Padang, Sumatera Barat sehari penuh. Kegiatan ini tidak membutuhkan biaya yang cukup banyak dan relatif masih bisa diikuti. Selamat datang di kota Padang Kota Tercinta di ranah Minang yang begitu elok nan rancak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar