Kamis, 03 Desember 2020

Perhitungan Rugi Untung Usaha Rental Mobil Untuk Turis atau Perseorangan

Ada sebagian orang menekuni bisnis rental kendaraan beroda empat secara konvensional terdapat ketakutan terhadap aset yang mereka punya dicuri atau dibawa kabur oleh konsumen. Syarat buat memilih konsumen mana yang mereka tuju sebenarnya telah cukup baik namun waspada tetap sebagai prioritas. Berbagai cara yg mereka lakukan sehabis melakukan perhitungan keuntungan rugi buat usaha rental ini mulai memasuki turis lokal & luar negeri yang membutuhkan mobil eksklusif menjadi transportasi yg kondusif & nyaman.

Jasa Sewa Rental Mobil untuk Turis atau Perseorangan. Poto oleh: kaspersky.com

Pendahuluan.

Peralihan menurut kesukaan pemilik tunggangan ini memang sangat sempurna karena diharapkan beberapa taktik yang mereka lakukan untuk sanggup menerima margin sejumlah uang yg bisa mereka terima untuk jangka waktu eksklusif. Biasanya mereka melakukan kerjasama menggunakan networking yang mereka miliki bahkan tertentu go-show ke lapangan tertentu contohnya bandara udara. Memang terdapat positif dan negatif, itulah bisnis sine qua non kinerja kuat buat membuat uang berdasarkan aset yang dimiliki demi kelangsungan hayati.

Ilustrasi Perhitungan Aset Mobil.

Saya mengambil contoh bila anda memiliki mobil yg nir terdapat pinjaman atau terbebas menurut kewajiban pembayaran bulanan.

Harga Mobil : IDR 200jt

Perawatan buat 10.000 km termasuk penggantian oli secara berkala menggunakan service nya dengan porto IDR tiga.000.000. Membuat kendaraan lebih baik pada syarat memang harus memakai jasa service ATPM resmi jenis merek kendaraan beroda empat yg anda miliki. Apabila anda menggunakan jasa service yang tidak direkomendasikan akan berdampak pada kondisi mobil dalam ketika pemakaian.

Nah biaya yg anda keluarkan ini wajib melebihi pendapatan yg harus didapat pada satu hari. Untuk mobil minibus contohnya Kijang Inova harga rental per hari sebanyak IDR 350.000 belum termasuk bensin

Contoh kasus saja: Apabila kendaraan ini melaju dengan jarak tempuh 200 km per hari berarti dengan service 10.000 km ini hanya mempunyai 50 hari masa sewa rental. Jadi dengan harga pasar rental mobil sebesar IDR 350.000 berarti anda mendapat pendapatan sebesar IDR 17.500.000.

Laporan Laba Rugi Mobil Rental

Pendapatan          17.500.000

Biaya:

Gaji sopir harian termasuk makan

100.000 x 50            5.000.000

Pendapatan Bersih                    12.500.000

Penerapan Bisnis Tetap Berjalan Lancar.

Sebenarnya bisnis ini berjalan baik harus berkerjasama dengan pihak lain seperti tour and travel, travel agency, atau anda sendiri yang menjalankan. Pastinya dengan networking yang cukup baik anda bisa menjalankan bisnis rental mobil ini tetap stabil pendapatannya sehingga biaya perawatan mobil yang telah dikeluarkan bisa tertutupi dengan pendapatan sewa tadi. Secara teori memang seperti itu tetapi aplikasinya cukup berat dan harus memenangkan kompetisi dengan banyaknya kompetitor yang menyediakan jasa yang sama disekitar anda.

Tujuan untuk menyewakan mobil rental untuk para turis ini harus mempunyai kesabaran karena kunjungan turis berpengaruh terhadap potensi wisata yang ada di daerah tersebut. Misalnya di Sumatera Barat, Pulau Bali, Jogjakarta, dsb. Potensi wisata ini berpengaruh kepada pendapatan sewa rental mobil tadi sebagai bisnis yang anda jalankan.

Tips Bagi Pemilik Rental Mobil.

Bisnis rental mobil sangat rentan sekali dengan pencurian yang harus diminimalisir. Pencurian kendraan bermotor ini sudah mulai marak dimulai dari penyerahan aset kepada oknum pihak lain yang tidak bertanggung-jawab. Sebenarnya dari pemilik kendaraan harus mewaspadai dengan beberapa langkah untuk meminimalisir kejadian kehilangan kendaraan.

1. Lakukan kerjasama kepada pihak ketiga yang mempunyai reputasi baik. Bukan hanya karakter bisnisnya tetapi juga karakter pribadinya membawa anda pemilik kendaraan untuk menjalankan bisnis rental. Pembagian hasil usaha tergantung kesepakatan anda dengan mereka. Cari win win solution untuk pendapatan sewa per hari nya. Dari hitungan diatas dengan biaya service IDR 3jt dengan masa jalan 200 km perhari masih bisa tercover dengan bulanan yang akan disewa oleh konsumen anda. Ilustrasi diatas ada sekitar 50 kali atau 50 hari penggunaan mobil rental. Biasanya rental seperti ini lebih banyak digunakan oleh perusahaan skala menengah atas yang membutuhkan mobil sebagai transportasi utama utama untuk turis atau kantor mereka.

2. Apabila anda menjalankan rental mobil tidak hanya kepada turis bahkan juga individu harus kudu diperhatikan masalah keabsahan dokumen yang akan anda minta. Seperti KTP, Kartu Keluarga, SIM, bahkan alamat dari pengguna jasa anda ini. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi kecurangan seperti mobil dibawa kabur atau digunakan kepihak lain. Pemilik kendaraan diharuskan untuk visit langsung ke alamat penyewa untuk memberi keyakinan yang memadai. Strategi ini telah diterapkan beberapa pengusaha rental mobil cukup efektif dan efisien. Apabila ada konsumen yang akan memakai jasa rental mobil anda dari keluarga, kolega, tetangga, atau rekan bisnis anda sangat direkomendasikan. Nilai plus untuk bisa dipertimbangkan sebagai konsumen tingkat tinggi kepercayaanya.

3. Jika anda melakukan kerjasama jasa sewa rental mobil secara bulanan kepihak lain seperti individu atau perusahaan tour and travel harus memperhatikan perjanjian secara tertulis. Kerjasama sebaikanya dituangkan dalam suatu ikatan perjanjian dengan syarat dan ketentuan yang disepakati kedua belah pihak. Cara seperti ini sangat efektif sekali, jika perusahaan lain menggunakan mobil anda berarti anda sudah pasti mendapatkan pendapatan sewa per bulan yang sudah pasti. Jika anda bekerjasama dengan perusahaan anda harus mempersiapkan NPWP [Nomor Pokok Wajib Pajak] karena perusahaan tersebut akan memotong jasa sewa yang akan mereka setorkan ke kantor pajak sebagai kewajiban mereka.

4. Gunakan chip anti maling yang sudah tersedia di toko asesoris mobil yang terhubung dengan GPS. Biasanya chip ini diletakan di dalam mobil yang tentu sangat rahasia tempatnya, hanya pemilik kendaraan yang tahu. Anda dapat memonitor secara berkala posisi mobil dan sudah berapa jarak tempuh mobil rental berjalan. Jadi, teknologi seperti ini sudah mutlak digunakan untuk safety aset mobil rental serta monitoring.

5. Apabila bisnis rental ini sudah menjadi ladang bisnis anda sebagai tumpuan hidup harus difokuskan terhadap kekuatan mobil, kenyamanan, dan perawatan sekala berkala. Apabila anda lengah pasti konsumen akan beralih ke kompetitor anda. Jika mobil yang anda gunakan 100% untuk rental mobil perhatian masa guna efektif mobil ini. Biasanya untuk mobil rental cukup tangguh dalam masa 3 atau 4 tahun. Anda harus mengganti mobil yang sama kepada konsumen anda agar kepuasan mereka menggunakan jasa rental mobil untuk berbagai kebutuhan mereka secara pribadi atau turis tetap terjaga.

6. Selalu terhubung dengan media sosial untuk memperkenalkan bisnis rental mobil anda keseluruh audience dunia maya seperti Facebook, Twitter, Instagram, BBM, Blog, bahkan Vlog. Konsumen bisa langsung terkoneksi dengan anda jika suatu saat nanti membutuhkan jasa seperti ini. Peluang baru bisa anda ciptakan dari dunia maya sebagai calon konsumen baru. Tetapi perlu diingat kewaspadan terhadap konsumen baru ini harus diteliti sebaik baik untuk mengurangi mobil dicuri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar