Selasa, 15 Desember 2020

Ayo Liburan Sekalian Bulan Madu Honey Moon

Kombinasi liburan dengan bulan madu [honey moon] menjadi tema yang sangat menarik buat ditelaah. Banyak sekali para teman-teman seluruh yg telah memasuki ranah perkawinan ingin menghabiskan masa awal merintis tempat tinggal tangga ingin bersama-sama buat bulan madu. Kejadian misalnya ini telah banyak sekali dilakukan oleh rekan-rekan lainnya terutama backpacker yang bahagia menjelajah negeri tanpa terdapat capeknya buat berjalan.

Memang cara ini sebagian orang agak gila tetapi sudah mulai terkenal bagi rekan perkotaan. Sekali mendayung dua 3 empat alternatif terpenuhi. Dapat dikatakan cara ini sebenarnya dimulai berdasarkan ilham yang nisbi gila sebagian orang. Mungkin terdapat alasan capek setelah resepsi pernikahan,

Liburan Bulan Madu Honey Moon. Poto oleh: puteriputeri.com

1. Siapkan Dana Anggaran Bulan Madu.

Memang dana adalah hal yang paling awal untuk dibicarakan. Dari dana inilah bisa mengetahui apa yang harus dilakukan untuk bulan madu. Dan apa saja aplikasinya untuk rencana ini. Nah, rekan semua harus menyiapkan dana anggaran liburan bulan madu ini sesuai dengan kebutuhan. Jumlah dana disesuaikan dengan kemampuan rekan semua.

2. Tujuan Bulan Madu Kemana.

Segerakan menetapkan tujuan bulan madu untuk liburan honey moon ini. Jangan terlalu lama karena mengkondisikan antara akomodasi terkait dengan tujuan harus berbarengan sama. Kemanapun tujuannya baik di dalam negeri atau luar negeri sesuai dengan anggaran dana yang dipersiapkan tadi. Jika rekan semua tidak mempunyai dana yang tidak cukup untuk libur bulan madu ini jangan berkecil hati. Daerah sekitar juga bisa dijadikan tujuan, atau berlibur keluar kota bersama untuk beberapa hari.

3. Siapkan Jauh Hari Sebelumnya.

Rencana ini akan berjalan baik setelah ada persetujuan dari kedua belah pihak. Memang membutuhkan perdebatan sedikit menetapkan rencana ini menjadi berhasil. Persiapan ini jangan dianggap enteng karena dengan berjalannya waktu antara rencana ini dan rencana pernikahan beriringan. Dan waktu berjalan dengan cepatnya setelah hari-h sudah dekat. Persiapkan jauh hari akan menjadikan rencana matang dan terstruktur.

4. Dalam atau Luar Negeri.

Pilihan ini bagi pasangan muda yang baru memasuki rumah tangga akan mempertanyakan kemana, ke luar negeri atau dalam negeri. Jiwa muda diantara pasangan tentu mempunyai tujuan penting untuk memilih liburan ini menjadi suatu kesempatan untuk meningkatkan hubungan mereka lebih intim lagi.

a. Dalam Negeri.

Liburan bulan madu di dalam negeri cukup simpel sekali setelah mengetahui kota mana yang dituju. Untuk transportasi selama liburan nanti relatif cukup perlu dipikirkan dimulai dari rental mobil, rental sepeda motor, atau hanya jalan kaki. Biasanya lokasi ini tergantung dari selera dan kesepakatan dari anda berdua dengan berbagai pertimbangan untuk kenyamanan.

Biasanya lokasi favorit yang dilakukan oleh pasangan muda atau rekan backpacker adalah Pulau Bali, Lombok, Pulau Gili, Bandung, dst. Lokasi ini relatif banyak daya majis bagi pasangan muda dimulai dari pemandangan alam, makanan, atau pantainya.

b. Luar Negeri.

Lokasi luar negeri ini juga bervariasi, dimulai dari banyaknya lokasi pantai, kebudayaan, keindahan alam, dan lain-lain. Semuanya bisa terangkum dalam satu liburan juga dapat dilakukan. Misalnya, rekan semua ingin menikmati suatu liburan bulan madu di negara Jepang atau Korea. Kedua negara ini mempunyai tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi, dimulai dari keindahan alam, kebudayaan, kuliner, dan lain-lainnya. Untuk transportasi di kedua negara ini cukup baik dengan terintegrasinya antara angkutan transportasi dan kereta listrik.

5. Tiket Penerbangan.

Menurut pengalaman dari berbagai rekan backpacker dan saya sendiri melihat dan mengalami sendiri bahwa tiket pesawat untuk menuju lokasi liburan sangat banyak kesempatan untuk mendapat potongan harga dari airline langsung atau dari tour and tavel khusus untuk penerbangan luar negeri dan apapun jenis liburannya. Maksudnya begini, ada beberapa kesempatan atau waktu tertentu adanya promosi tiket pesawat dengan tema akhir tahun dan liburan akhir tahun. Atau bahkan ditengah tahun adanya promosi gila-gila an dari mereka. Seperti airline dengan budget murah berbagai lokasi destinasi penerbangan di seluruh dunia. Nah, kesempatan seperti ini dapat rekan semua manfaatkan untuk menyesuaikan jadwal liburan dengan tiket penerbangan murah. Penghematan tiket penerbangan lumayan menghemat sekitar 40% - 50% dari total biaya liburan baik secara pribadi atau bulan madu [honey moon].

6. Dokumen Pendukung.

Dokumen pendukung seperti passport, asuransi, voucher hotel, cash deposit, dan lain sebagainya. Kenapa saya masukan seluruh item ini di poin ini karena ada sebagian negara untuk mendapatkan visa masuk memerlukan beberapa item penting ini untuk mendapatkan permit visa masuk seperti negara Eropa, USA, dan beberapa negara lainnya. Jadi, seluruh dokumen penting ini berpengaruh kepada liburan bulan madu rekan semua di luar negeri.

Ada beberapa negara yang tidak membutuhkan visa masuk, ada juga voa [visa on arroval]. Biasanya negara-negara yang hanya memberikan stempel masuk ke negara yang telah mendapat kerjasama imigrasi seperti ASEAN, beberapa negara Asia, Hongkong, dan seterusnya. Rekan semua hanya membutuhkan paspost saja untuk cek in di gate imigrasi. Yang pasti umur passport harus lebih dari 6 bulan waktu masuk ke negara tujuan.

7. Hotel.

Namanya saja liburan tentu memerlukan hotel untuk menginap. Pada zaman sekarang tidak mungkin lagi mencari informasi hotel murah yang ada didunia. Melalui aplikasi ditangan sudah bisa dimulai dengan referensi dari berbagai teman yang telah melakukan perjalanan ini. Memang tidak mudah untuk melakukan persamaan selera terhadap hotel yang telah mereka coba. Tetapi rekan semua sudah ada bayangan awal untuk memulai liburan bulan madu mendatang.

8. Buat Itinerary.

Setelah semua poin diatas lengkap dan sudah terpenuhi, buat itinerary perjalanan supaya terjadwal dan terstruktur. Itinerary perjalanan liburan bulan madu ini sangat penting supaya jadwal berlibur pasangan muda tetap terarah dan tidak hanya di kamar saja berdua tetapi menikmati seluruh kegiatan yang liburan yang ada di negara tujuan. Gabungkan antara wisata alam, wisata jelajah, dan wisata kuliner pasti tidak akan pernah terlupakan.

9. Prioritaskan Budget Cost.

Disini saya ingin memberikan saran saja kepada rekan backpacker yang ingin melakukan liburan bulan madu di luar negeri untuk memperhatikan biaya yang dikeluarkan disana. Ada beberapa faktor yang sangat krusial seperti mengeluarkan biaya yang tidak terduga, belanja yang tidak perlu, atau bahkan jadwal yang sudah dibuat malah tidak dilaksanakan sama sekali. Sinkronisasikan semua jadwal yang telah dibuat yang telah memperhatikan anggaran belanja untuk memulainya.

10. Perhatikan Kondisi Politik Negara Tujuan.

Harus perhatikan kondisi politik di negara tujuan harus dipantau setiap saat. Situasi politik suatu negara akan berdampak kepada ketidaknyamanan liburan honey moon ini karena pengaruh keamanan tadi. Pastikan negara tujuan tidak ada kendala masalah politik dari negara yang bertikai sehingga tujuan liburan rekan semua lancar.

Baca juga :

Bagaimana Memilih Hotel Go Show Backpacker Luar Negeri

Bagaimana Cara Membuat Perjalanan Liburan Aman Tenang Menyenangkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar