Senin, 07 Desember 2020

10 Tips Menjadi Seorang Tour Guide Pariwisata

Jika anda memiliki kapabilitas menjadi seseorang tour guide pada bidang pariwisata mampu dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yang relatif baik penghasilannya. Ada beberapa tips cara yang harus diperhatikan apabila sebagai seseorang tour guide pariwisata dimanapun berada. Bisa saja anda sebagai pemandu wisata di negara yg banyak orang Indonesia yg ingin berlibur di negara tujuan yg anda tinggal contohnya Jepang, Eropa, Australia, New Zealand, Korea Selatan, dsb. Jadi peluang sebagai tour guide atau pemandu wisata ini sangat menjanjikan bahkan telah menjadi profesi. Apa saja tips cara menjadi seseorang tour guide pariwisata berikut syarat poin penting yang harus diperhatikan.

Tips Cara Menjadi Seorang Tour Guide Pariwisata. Poto oleh: http://23tourism.blogspot.co.id

1. Customer adalah raja.

Prinsip ini berlaku dibidang jasa apapun termasuk seseorang tour guide. Jemput customer dimulai berdasarkan pintu kedatangan. Biasanya mereka sangat bahagia apabila dijemput dalam bandara menjadi respek hormat pada mereka. Buatlah sedikit goresan pena di kertas menyebutkan rombongan atau nama customer yang anda lakukan kerja sama. Biasanya mereka akan menghampiri anda sesudah melihat nama yang tertera dalam kertas yg bertulisan nama mereka.

Dua. Perhatikan saat kerja.

Sebelum deal menggunakan customer anda harus memilih jam kerja tour guide. Apakah full time atau hanya menjadi penunjuk jalan saja. Ini perlu dibicarakan agar nir terjadi kesalahpahaman pada ketika kunjungan wisata. Sebenarnya customer akan mendiskusikan saat yg akan mereka habiskan beserta anda supaya liburan mereka ini sebagai lebih berkesan bahkan tidak pernah terlupakan.

Tiga. Buatlah itinerary program.

Biasanya customer akan menaruh itinarary nya kepada tour guide buat global acara liburan mereka. Biasanya mereka akan menjelaskan lokasi yg akan mereka tuju dari saat

3. Menggunakan transportasi pribadi atau umum.

Biasanya transportasi untuk berkunjung ke lokasi ada dua jenis yaitu transportasi umum publik dan transportasi pribadi. Untuk transportasi publik biasanya untuk negara yang telah baik transportasi umumnya seperti bus atau MRT tidak menjadi masalah. Untuk negara Indonesia masih ada keterbatasan dalam transportasi publik maka rekomendasi yang terbaik adalah mengunakan jenis moda transportasi pribadi seperti bus pariwisata atau mobil minibus. Jika di negara yang cukup baik transportasinya lebih baik menggunakan transportasi umum, yang menjadi poin penting adalah jika kunjungan wisata yang ada di Indonesia membutuhkan moda transportasi yang nyaman dan aman seperti bus pariwisata dan minibus pribadi. Kesepakatan ini harus dibicarakan juga dengan customer dengan anda sebagai seorang tour guide.

4. Biaya kerjasama dengan seorang tour guide.

Jika diluar negeri biaya seorang tour guide sangat bervariasi, jika profesional dengan jumlah anggota yang ikut lebih banyak tentu tarifnya mengikuti standar dari negara tujuan. Jika anda seorang tour guide membawa orang Indonesia sedangkan anda juga dari Indonesia hanya ada kesepakatan kedua belah pihak saja setelah memperhitungkan standar disana. Biasanya tarif dimulai dari anda sendiri dan customer biasanya akan menghitung apakah biaya tersebut masuk ke dalam budget anggaran mereka. Biasanya mereka akan melakukan negosiasi dengan kerumitan jadwal kunjungan wisata yang mereka lakukan dengan budget yang anda tawarkan.

Jika di Indoensia biasanya harganya sehari penuh disesuaikan dengan itinarary kunjungan wisata. Round down acara dibuat oleh tour guide dengan kegiatan sehari penuh tersebut dan tour guide ini sudah menjadi dalam satu paket wisata pada tour and travel yang mereka bikin seperti paket perjalanan. Anggota wisata disesuaikan dengan paket yang ditawarkan, sebagai contoh 10 orang dan maksimal 30 orang. Paket ini juga termasuk moda transportasi yang digunakan sehingga all in one paket. Jadi mereka tidak memikirkan pernak-pernik kecil lainnya. Tetapi ada juga customer yang ingin kunjungan wisata keluarga saja yang lebih private bisa saja dilakukan dengan pertimbangan kerahasian wisata atau lebih kealam ranah privasi.

5. Food and beverage.

Selama diperjalanan pasti ada makan dan minuman menemani perjalanan wisata lebih hidup. Biasanya customer akan selalu mencoba kuliner negara tersebut dengan berbagai alasan seperti kalau belum cicip makanan asli belum sempurna liburan ini. Agak kurang sedikit tidak etis memang jika membicarakan food and beverage, selaku orang timur seperti Indonesia membicarakan hal ini ada rasa segan atau sedikit malu. Tetapi ini penting juga agar anda seorang tour guide yang telah ditunjuk sudah menjadi bahagian anggota dari mereka. Kesepakatan ini dibuat sebelum kunjungan wisata dimulai.

6. Buat perjanjian tertulis.

Untuk menjadikan kerjasama ini lebih terarah dan tidak ada pihak yang dirugikan sebaiknya ada perjanjian tertulis supaya salah paham tidak akan terjadi. Seorang tour guide merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan jasa kepada customer dengan berbagai kendala dan hambatan yang mungkin terjadi dilapangan. Hal ini harus dihindari. Dispute terhindarkan dapat menjadi rekomendasi jasa anda dapat digunakan oleh seluruh networking dari customer anda kelak. Amin.

7. Performance penampilan.

Seorang tour guide harus mempunyai penampilan yang baik, sopan, dan terpelajar. Biasanya customer akan melihat personal information dari background anda, mungkin saja mereka akan melakukan interview sedikit mengenai personality anda. Hanya tour guide yang bersih, rapi, tidak merokok, sopan, serta charming yang akan dipilih oleh customer untuk membantu mereka pada kunjungan liburan nanti. Jadi, jangan bergaya seperti preman, urakan, serta bau badan akan mengurangi respek customer terhadap anda.

Prinsip ini adalah benar. Attitude seorang tour guide menentukan karakter. Poto oleh: studipariwisata.com

8. Tepat waktu.

Customer sangat respek dengan tour guide yang tepat waktu. Ngaret akan menjadikan mereka tidak senang bahkan menjadi perjalanan yang tidak menyenangkan nantinya. Kunjungan wisata yang dipandu oleh pemandu wisata sudah ada schedule yang tepat waktu supaya itinarary keseluruhan acara bisa terwujud dengan sempurna. Bagi anda yang suka ngaret perlu perhatikan hal ini. Tepat waktu menentukan masa depan karir anda dibidang tour guide.

9. Sangat paham lokasi wisata.

Seorang pemandu wisata atau tour guide harus paham lokasi tujuan wisata. Anda harus mempunyai informasi yang cukup untuk menjelaskan kepada turis cerita dibalik objek wisata yang dikunjungi. Apabila anda hanya melongo saja, tidak ada informasi penting yang disampaikan maka anda akan menjadi tour guide yang tidak akan direkomendasikan oleh mereka. Apabila ada kerjaan sebagai tour guide anda harus membuat diary tersendiri untuk membuat sedikit tulisan menjelaskan informasi objek wisata yang akan dikunjungi sebelum mereka datang. Berikan waktu yang cukup bagi customer untuk mengambil poto, selfie, dan welfie bersama anda.

10. Selesai tugas.

Setelah tugas selesai tentu anda akan mengantarkan customer kembali sampai ke bandara. Apabila anda menjemput dimulai dari bandara maka anda akan mengantarkan mereka sampai ke bandara pula. Atitude seperti ini mencerminkan anda seorang tour guide yang profesional di bidang pemandu wisata dan tahu betul customer sangat suka dengan cara seperti ini. Pada saat berpisah inilah anda bisa mengetahui kinerja anda selama menjadi pemandu wisata dengan mereka. Apakah mereka puas, sedang, atau mengecewakan. Jangan sampai pekerjaan anda memberikan jasa seperti ini menjadi mimpi buruk, jadikan sebagai batu loncatan untuk mendapat pekerjaan lebih baik lagi dibidang pemandu wisata, siapa tau kelak anda mempunyai perusahaan tour and travel kelak yang membutuhkan networking customer dari mereka. Perlu diingat, anda jangan memikirkan tipping uang dari tamu anda, jika anda hanya berharap dengan fokus uang kinerja anda tidak akan maksimal. Apabila tugas memandu wisata ini sudah membuat mereka senang dan puas makan tipping uang akan mengalir dengan sendirinya.

Inilah tips penting yang harus diperhatikan jika anda menjadi seorang tour guide pariwisata, sudah fokus dan menjadikan kegiatan ini sebagai profesi. Setiap gerak-gerik anda adalah attitude, karakter, harus friendly dan bahkan mencerminkan diri anda. Semoga 10 tips ini bisa memberikan sedikit sharing ilmu dan bermanfaat bagi karir anda dikemudian hari dan jika anda seorang pemula atau newbie inilah poin penting yang harus diketahui.

PENTING! jika anda mempunyai skill komunikasi berbagai bahasa asing seperti Inggris, Perancis, Jepang, Mandarin, dan lainnya akan memberikan nilai lebih untuk perkerjaan seorang guide pariwisata ini. Gali semua potensi diri anda untuk tetap berusaha semaksimal mungkin agar semua hasil jerih payah anda bangun selama ini akan memberikan hasil yang sanat tinggi bahkan anda akan diberikan tips yang banyak secara sukarela dengan mudahnya jika konsumen anda sangat puas dengan pekerjaan anda di saat mengantarkan mereka ke tempat wisata penting di sekitar daerah anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar