Jumat, 18 Desember 2020

Cara ke Sawahlunto Dari Bandara Minang Kabau Padang Sumatera Barat

Ada beberapa cara ke Sawahlunto menurut bandara Minang Kabau Padang Sumatera Barat. Saya mau menjelaskannya cara yang dari saya sanggup diadaptasi memakai kantong alias cara backpacker yang mengutamakan biaya terendah & maksimal . Cara ini selalu dicari oleh para pelancong buat mengunjungi kota Sawahlunto yang telah berbenah diri buat menyambut pariwisata khususnya pada pertambangan batu baranya.

Kota Sawahlunto menggunakan Pohon Cemara. Poto oleh: hariansinggalang.Co.Id

Cara ke Sawahlunto bila rekan mendarat menggunakan pesawat pada Bandara Minang Kabau Padang Sumatera Barat. Cara estafet yang tidak terlalu sulit buat diikuti hanya saja wajib selalu bertanya ke kondektur bus buat turun dalam daerah Lakuak - Jl. Dr.Sutomo [tempat perberhentian bus bayangan]. Lokasi ini adalah loka turun naik penumpang menurut luar kota khususnya berdasarkan Solok dan Alahan Panjang.

Dari Bandara Minang Kabau ke Daerah Lakuak - Jl.Dr Sutomo.

Setelah mendarat dalam Bandara Minang Kabau Padang Sumatera Barat, anda jangan salah menaiki bus menuju wilayah Lakuak. Bus yg melewati daerah ini merupakan Bus dengan merek Tranex. Bukan bus Damri. Lantaran ke 2 bus ini mempunyai trayek yang tidak sama. Pastikan anda jangan keliru menaiki bus menuju ke wilayah Lakuak. Biaya bus Tranex [update 27/03/2017] merupakan /- IDR 24.000.

Pastikan bus tersedia

Perjalanan ke daerah Lakuak sekitar +/- 1 jam dimana anda akan sampai di daerah Lakuak. Pastikan sudah sampai Lakuak dengan selalu mengingatkan ke supir bus atau kondektur Tranex.

Setelah Sampai Daerah Lakuak.

Lokasi Lakuak ini seperti terminal bayangan yang ada di kota Padang untuk transportasi antar daerah khususnya untuk kota Solok dan sekitarnya. Tempat inilah berkumpulnya armada transportasi dan penumpang. Tempatnya hanya berupa dua buah lajur boulevard yang bernama Jl. Dr.Sutomo. Karena terminal khusus di kota Padang belum tersedia dan masih dalam tahap yang akan diselesaikan oleh Pemerintah Kota Padang maka untuk sementara waktu bus antar kota yang saya maksud berada di lokasi Lakuak atau di Jl Dr.Sutomo raya.

Untuk menuju kota Sawahlunto pada saat sekarang belum ada bus langsung dengan tujuan akhir kota Sawahlunto [update 28/03/2017]. Apabila setelah tulisan ini ada bus langsung ke Sawahlunto menjadi rekomendasi yang baik baik anda yang direct langsung anda tidak harus estafet ke kota Solok terlebih dahulu. Yang sangat penting adalah perhatikan bus yang ditumpangi memang tujuan akhir ke kota Sawahlunto. Semoga di masa yang akan datang ada bus langsung yang bisa mengakomodir seluruh penumpang yang ingin langsung. Update terbaru 2018: Sudah mulai tersedia bus langsung ke Sawahlunto yang dimulai jam operasional dari pagi hingga sore. Apabila bus tersebut di masa waktu tertentu tidak tersedia anda bisa melakukan perjalanan estafet seperti dbawah ini.

Lakuak Menuju ke Terminal Kota Solok.

Pastikan bus yang anda tumpangi menuju ke Terminal Kota Solok. Ada beberapa merek bus yang menuju tujuan yang saya maksud, anda bisa pilih. Mayoritas warna bus berwarna biru seperti danau raya. Biaya transportasi yang akan anda bayar antara IDR 20.000 - IDR 25.000 [jika terjadi kenaikan tidak begitu jauh apabila ada peraturan yang mengaturnya untuk penyesuaian tarif]. Setelah sampai ke Terminal Kota Solok anda dapat menaiki bus dengan tujuan ke Sawahlunto.

Solok Menuju kota Sawahlunto.

Inilah cara akhir menuju ke kota Sawahlunto dari Bandara Minang Kabau Padang Sumatera Barat. Situasi dan kondisi terminal tidak begitu ramai dengan pengunjung karena terminal ini sebagai transit saja dari bus AKAP dengan tujuan akhir beberapa kota Sumatera dan Jawa. Anda jangan kawatir, situasi cukup aman dengan banyaknya beberapa agen bus yang siap membatu dengan menyebutkan tujuan akhir anda ke kota Sawahlunto. Pastikan tujuannya ke kota Sawahlunto bukan tujuan lain.

Perjalanan ke kota Sawahlunto dari kota Solok membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam menggunakan armada umum seperti ini. Biaya yang akan dibayar antara IDR 15.000 - IDR 20.000 [ini adalah kisaran harganya, apabila lebih karena adanya penyesuaian tarif]. Pilihlah armada bus yang cukup baik kondisinya agar perjalanan menuju kota Sawahlunto menjadi aman dan nyaman.

Tips.

Saya ada beberapa tips untuk rekan semua apabila menggunakan armada estafet seperti ini menuju kota Sawahlunto, karena membutuhkan waktu yang cukup banyak diperjalanan apabila rekan semua menggunakan pesawat udara pastinya mendarat di bandara Minang Kabau Padang Sumatera Barat. Tetapi untuk rekan semua yang sudah berada di kota Padang juga dapat menggunakan tips ini untuk pencerahan.

1. Pastikan rekan semua mendarat pada pagi hari di bandara Minang Kabau. Direkomendasikan tiba antara jam 7-9 pagi.

2. Barang bawaan tidak terlalu banyak seperti ransel backpacker yang ringkes dan hanya beberapa bawaan lainnya.

3. Selalu bertanya kepada kondektur, sopir, atau masyarakat apabila rekan membutuhkan petunjuk, jika ada keraguan daerah yang saya maksud diatas. Karena keraguan itu akan muncul apabila tidak cermat terhadap nama.

4. Perjalanan ini sebaiknya dilakukan minimal dua orang agar lebih pede dan saling mengingatkan apabila terjadi kelupaan.

5. Siapkan uang yang cukup untuk membayar dan belanja kebutuhan lain seperti minum atau makan. Karena didalam perjalanan ATM bank nasional ada tetapi agak jauh. Jika dalam perjalanan tidak mungkin sopir akan melayani permintaan ini.

Saya rekomendasikan apabila jumlahnya uang kurang, rekan dapat mencari ATM di pintu keluar kedatangan di Bandara Minang Kabau. Ambil lajur kiri, tidak jauh dari lajur kiri terdapat ATM center. Dan juga ada tersedia ATM Bank BNI di daerah Lakuak - Jl Dr Sutomo yaitu dekat XL center mengarah ke jalan yang sama ke kantor Pos dan Giro. Jaraknya +/- 200m - 300m ke arah timur.

6. Siapkan fisik yang sehat setelah makan yang bergizi. Karena perjalanan membutuhkan waktu hampir setengah hari.

7. Jangan berlibur pada waktu cuti bersama, liburan sekolah termasuk mahasiswa, dan weekend. Karena armada akan penuh serta ketersediaan ada tetapi harus menunggu. Jadi, libur pada hari kerja untuk menghindari waktu menunggu.

8. Apabila rekan backpacker muslim tersedia tempat menunaikan ibadah sholat. Di daerah Lakuak juga ada lokasinya bersebrangan dengan perberhentian bus Tranex dari Bandara Minang Kabau. Posisi tepatnya dibelakang ruko. Untuk di Terminal Solok juga tersedia.

Semoga tulisan cara ke Sawahlunto dari Bandara Minang Kabau Padang Sumatera Barat ini dapat membantu rekan semua yang ingin mengunjungi kota ini menggunakan anggaran ketat seperti backpacker. Semoga perjalanan rekan semua nyaman, aman, dan selamat sampai tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar