Senin, 14 Desember 2020

Murah Pake Aplikasi Transportasi Online ke Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Jakarta

Libur sudah usai menurut Ibu Kota DKI Jakarta saatnya buat pulang ke kampung laman. Saya menggunakan transportasi online berdasarkan daerah Rawangun menuju ke Terminal 2F untuk menaiki pesawat yang telah saya pesan melewati aplikasi online pastinya. Saya ingin mencoba memakai transportasi online apabila dihitung dengan angka -nomor sebesar empat orang memakai armada Damri jauh lebih ekonomis.

Tahap Untuk Menggunakan Transportasi Online.

Pastinya sesudah mengunduh aplikasi di Google Play atau App Store saya sudah melakukan konfirmasi buat pemesanan armada menggunakan rute menurut Terminal Rawamangun menuju Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng Tangerang Banten pada Terminal 2F. Setelah memasukan beberapa langkah tersebut aku melakukan order. Beberapa waktu berjalan order aku di respon sang armada taksi yang terpercaya dengan penguasaan cat mobilnya berwarna biru langit. Harga tertera dalam pelaksanaan sebanyak IDR 145.000 sebelum adanya pembayaran tol. Setelah dikonfirmasi oleh driver yg membawa saya melakukan calling buat memilih posisi kami berdiri dan beberapa saat armada transportasi online telah hadir pada depan kami.

Sebenarnya kami ingin membandingkan armada Damri dengan transportasi online untuk memberikan keyakinan mana yang lebih efektif dan hemat.

Berikut Formula Hitungan.

1. Damri.

Kami beranggotakan penumpang 4 orang. Dengan tarif yg telah ditetapkan oleh pejabat yang berwenang maka aku membayar @IDR 50.000 jadi secara total wajib dibayar IDR 200.000. Penggunaan angkutan spesifik damri ini telah tetap

Formula:

4 Orang @IDR 50.000 = IDR 200.000

Biaya tol                       = IDR Nil

Total                             = IDR 200.000

2. Transportasi Online atau Taksi Online Via Aplikasi.

Setelah mendapatkan taksi online yang saya order lewat aplikasi tertera jumlah yang harus saya bayar terlihat di aplikasi smartphone sebesar IDR 145.000 [secara tunai], jika pembayaran secara online bisa jauh lebih murah sekitar 20% - 30%. Dengan syarat dan ketentuan yang berlaku harga yang tertera di aplikasi belum termasuk biaya tol menuju bandara.

Accrue Cost [Biaya Aplikasi]    = IDR 145.000 [cash atau tunai]

Actual Cost [Berkendara]          = IDR 171.500

Selisih                                        = IDR  26.500

Biaya Tol                                   = IDR  17.000

Dari hitungan angka ini tentu sudah terlihat hematnya sekitar IDR 26.500 sudah bisa dikantongi. Di perjalanan saya membayar tol IDR 17.000. Setelah sampai dibandara kami telah sampai dengan selamat beranggotakan 4 [empat] orang dengan biaya actual cost [biaya sebenarnya] sebesar IDR 171.500.

Setelah saya beragumentasi bersama driver yang membawa saya, beliau menyampaikan bahwa angka biaya yang harus saya bayar yang mana?. Apakah di aplikasi atau di argo?. Driver ini menjawab, saya membayar membayar tarif yang tertera di aplikasi sebesar IDR 145.000. Sangat fantastis sekali murahnya. Lumayan penghematan yang saya dapatkan dari selisih harga dari formula diatas.

Untuk rekan semua yang ingin menggunakan armada online mulai dari rute manapun jika mempunyai anggota keluarga lebih dari 4 orang dan membawa banyak barang dapat mencoba cara yang saya lakukan ini. Dari segi angka cukup banyak sekali berhemat. Mari kita lihat selisih yang dapat dibandingkan antara Damri dan Transportasi online via aplikasi di smartphone.

Transportasi online via aplikasi: Rute Terminal Rawamangun - Terminal 2F.

4 orang [Accrue Cost via aplikasi] = IDR 145.000

Tol                                                   = IDR   17.000

Total                                                = IDR 162.000

Selisih perbandingan armada Damri dengan Transportasi online adalah:

Damri                                              = IDR 200.000

Transportasi online                         = IDR 162.000

Selisih Hemat                                 = IDR   38.000

Angka telah berbicara mana yang jauh lebih hemat cermat dan smart. Tentu pemilihan berhemat adalah cara yang sangat tepat digunakan seperti yang saya lakukan. Saya dapat menggunakan selisih angka ini untuk membeli cemilan kecil beserta minuman untuk anggota keluarga. Jangan takut menggunakan transportasi online via smartphone yang sangat jauh lebih murah dan bahkan jauh lebih nyaman. Keamanan dapat terjaga apabila diperjalan ada ketidaknyamanan atau barang ketinggalan dapat dilacak mulai dari informasi dari driver, nomer kendaraan, dan nomer kontak ybs. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi bagi rekan semua untuk dapat mencoba transportasi online sebagai cara yang dapat berhemat yang sangat luar biasa apabila rekan mempunyai jumlah anggota keluarga yang berpergian lebih dari 4 orang. Sebagai acuan dasar berhemat dimulai dari transportasi.

Note:

Perjalanan ini saya lakukan pada tanggal 25 Juni 2017 dengan ketentuan belum ada kenaikan tarif oleh pemerintah antara taxi online dengan taxi konvensional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar