Kamis, 24 Desember 2020

Air Terjun Lubuk Bonta

Air terjun lubuk bonta terletak di Korong Tarok, Kenagarian Kapalo Hilalang, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman. Lokasi wisata air terjun lubuk bonta pada pinggang Gunung Tandikek ini sangat dikenal sang para wisatawan yang berjarak sektar 30 mnt dari kota Padang Panjang atau satu jam perjalanan menurut Kota Padang. Posisi jalan masuk air terjun berada di jalan lintas utama Padang-Bukittinggi.

Wisata air terjun lubuk bonta telah sangat familiar sekali oleh seluruh rakyat lokal Padang. Anda bisa masuk dari Sicincin menggunakan adanya gerbang bertulisan objek wisata lubuk bonta hingga menemukan loka parkir tunggangan. Menuju lokasi anda akan memasuki perkampungan masyarakat memakai beberapa loka permandian masyarakat yg memanjang memakai air yang cukup jernih dan higienis.

Wisata Air Terjun Lubuk Bonta. Photo by : http://wisatasumbar.Net/

Dengan syarat air terjun lubuk bonta relatif bersih maka kebutuhan air bersih rakyat kurang lebih menggunakan air ini buat berbagai keperluan. Begitu indahnya air terjun kecil ini menggunakan wadah berbentuk lubuk atau kolom siap menyambut anda.

Tetapi tunggu dulu, sebelum sampai lokasi harus memarkirkan kendaraan. Jika anda ingin memakai kendaraan umum relatif sedikit rumit, anda harus transit pada Lubuk Alung & transfer ke angkutan umum lainnya menuju lokasi air terjun. Anda dapat memakai jasa ojek disekitar Pasar Lubuk Alung dengan menjelaskan lokasi tujuan. Tarif jasa mampu anda perundingan antara IDR 10.000 - IDR 15.000. Lokasi air terjun lubuk bonta tidak bisa dimasuki sang kendaraan baik roda dua atau empat, harus menempuh perjalanan memakai sedikit hiking pada jalan setapak yang telah terdapat tangganya dilingkupi oleh semak belukar. Sangat alami sekali dan udara yang sangat sejuk dalam hari ini. Lokasi wisata ini sangat disukai dalam tahun 1970 an namun sekarang nir begitu poly wisatawan menunjungi lokasi ini.

Dengan banyaknya cerita yang terdapat menciptakan pamor air terjun lubuk bonta ini sangat sepi. Sekedar buat menikmati alam yang sangat asri ini beserta famili & kerabat tentu menjadi tujuan utama. Setelah menelusri anak tangga anda akan melihat betapa indahnya air terjun lubuk bonta ini, bunyi khas air yang turun berdasarkan bukit atas ke lubuk menyatu menggunakan rona biru. Cukup dangkal

Tidak adanya perkembangan yang berarti baik fasilitas didalam lokasi air terjun lubuk bonta. Penduduk sekitar tidak lagi banyak warga yang memakainya bahkan seperti tidak terjamah lagi oleh tangan manusia. Sebagai lokasi wisata yang pernah berjaya tentu anda ingin mencoba datang menikmati alam yang masih sangat alami ini. Karena sebagian orang menilai lokasi angker, tetapi masih banyak wisatawan datang untuk mesyukuri indahnya ciptaan Yang Maha Kuasa ini.

Berikut video dari air terjun lubuk bonta {lubuak bonta} dari BRANDONT

Tips.

1. Apabila anda melakukan wisata air terjun lubuk bonta harus menjaga kebersihan, jangan melakukan corat-coret batu atau objek lainnya. Mari jaga semua attitude untuk menjaga keindahan lokasi air terjun.

2. Jika anda butuh informasi tentang lokasi lakukan komunikasi dengan masyarakat sekitar baik sebagai penujuk arah.

3. Jangan lupa melakukan solat fardhu apabila waktu solat sudah ada. Syukuri semua keindahan alam ini kepada Yang Maha Pencipta alam.

4. Wisata air terjun lubuk bonta sebaiknya dilakukan pada musim kemarau. Apabila musim hujan akan menghambat wisata anda menuju lokasi, dan kadangkala kondisi air agak keruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar