Jumat, 14 Agustus 2020

Tips Jitu Hindari Sakit Pada Saat Traveling

Pada saat traveling harus permanen sehat hindari sakit harus dilakukan semaksimal mungkin. Resikonya sakit akan menyebabkan semua jadwal itinerary anda akan berantakan bahkan jumlah porto yang telah lama dipersiapkan memakai menabung terbuang sia-sia. Tentu hal ini tidak akan pernah akan terjadi apabila anda wajib tetap menjaga kesehatan menggunakan tips-tips praktis gampang yg bisa anda terapkan dalam saat sebelum traveling bahkan ketika melakukan traveling. Apa saja tips nasehat jitu buat permanen sehat terhindar dari sakit dalam saat liburan, berikut penjelasannya.

Poto oleh: livestrong.com

1. Kebersihan Tangan Selalu Terjaga.

Tangan sebagai langkah awal yang harus dijaga kebersihannya pada kondisi apapun harus anda lakukan sekarang juga. Kedua tangan selalu memegang benda yang kadang kita tidak sadar apakah bersih ataupun kotor. Seperti contoh pada saat naik transportasi umum anda tentu akan berpegang pada penyangga besi pada saat naik serta memegang benda lain disaat traveling berlangsung. Pada kondisi ini tentu anda tidak mengetahui apakah anda sadar benda yang banyak dipegang oleh orang lain dijamin kebersihannya. Dengan banyaknya kuman yang melekat di tangan ini harus anda bersihkan dengan sabun ataupun lotion agar tetap bersih di kesempatan apapun. Dengan  tangan bersih selalu anda telah mewujudkan diri tetap sehat terhindar dari penyakit yang bisa masuk pada mata, mulut, dan hidung.

Dua. Konsumsi Vitamin bila Diperlukan.

Vitamin harus stand by disamping anda jika tubuh membutuhkannya. Konsumsi menggunakan dosis yg direkomendasikan sang dokter ahli sangat direkomendasikan buat mengetahui kapan tubuh butuh vitamin

3. Istirahat Cukup.

Saat traveling rasa senang yang menggebu membuat anda lupa istirahat. Jangan terlalu dipaksakan tubuh untuk tetap melangkah sebenarnya anda sudah mengetahui bahwa sudah saatnya istirahat. Jadwal tidur mungkin akan berbeda beberapa jam dari waktu di Indonesia tetapi hal tersebut hanya terasa beberapa jam saja. Setelah jetlag anda sudah kembali normal makan kondisi tubuh sudah mulai menyesuaikan. Perjalanan yang dilakukan seharian penuh harus diatur waktu selesai pada pukul 21:00 telah selesai makan malam dan mandi. Setelah itu anda harus rebahkan tubuh untuk mengumpulkan tenaga kembali yang siap digunakan untuk perjalanan keesokan harinya.

4. Pilih Pilah Makanan dan Minuman.

Pada saat anda masuk di pusat wisata tentu banyak ditemukan penjual makanan minuman yang menggelar lapaknya tidak jauh dari lokasi ini. Anda harus berhati-hati, tidak semua makanan minuman ini sesuai dengan kondisi tubuh anda apalagi menu yang asing belum sesuai dengan kondisi tubuh bisa membuat kondisi tubuh langsung drop. Hal yang sangat dikhawatirkan adalah anda alergi makanan tertentu yang harus anda waspadai bisa memberikan efek gatal ataupun bengkak saat setelah anda konsumsi. TIPS: persiapkan makanan sebelum sampai di lokasi tempat wisata dan dapat anda ganti dengan buah segar yang banyak serat tentu lebih sehat dan bisa kenyang lebih lama seperti: buah apel, pear, jeruk, dan lainnya.

5. Air Mineral Putih Pilihan Terbaik.

Di negara orang sudah banyak pilihan air mineral putih yang bisa anda pilih sebagai minuman sehat yang harus diminum pada saat melakukan perjalanan. Anda harus hindari minuman soda ataupun energy drink karena akan memberikan efek kurang sehat terhadap stamina tubuh diperjalanan. Udara kering dan panas tentu akan mengeluarkan keringat yang sangat banyak dan harus anda ganti dengan cairan air seketika. Jika anda ingin mengganti ion tubuh yang hilang bisa menikmati air kelapa muda yang tentu juga tersedia di tempat wisata pengganti minuman ionisasi. Cara ini sudah banyak dipraktekan oleh traveler seluruh dunia dan cukup ampuh bahwa air kelapa muda alami ini bisa menggantikan ion yang hilang dan dari air kelapa yang natural ini bisa langsung diserap oleh tubuh.

6. Hindari Minum Langsung Air Keran.

Memang di luar negeri tersedia beberapa tempat khusus yang disediakan keran air minum gratis yang bisa dinikmati oleh seluruh traveler dan penduduk lokal. Hal ini sebaiknya anda hindari karena tidak selalu air keran ini bersih dari bakteri atau pun virus. Beberapa ilustrasi yang menyebutkan konsumsi yang berlebihan dari air keran ini secara berlebihan akan menyebabkan anda sakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri tadi. Jadi sebaiknya hindari minuman air keran langsung di tempat umum tetapi jika di bandara yang sudah yakin tempatnya steril dan selalu bersih serta anda telah mencicipinya terlebih dahulu apakah rasanya berbeda ataupun alami. Lokasi di bandara sudah ada petugas yang secara rutin melakukan cek di lapangan mengenai kondisi tabung ataupun pipa yang mengalirkan air selalu baik dan terkontrol secara berkala.

7. Obat Khusus Anda.

Anda harus mengetahui obat penting apa yang bisa anda bawa saat traveling untuk menunjang kesehatan tetap stabil dan prima. Obat yang umum dibawa adalah obat sakit maag, sakit kepala, diare, ataupun balsem. Untuk plester  sebaiknya juga dibawa karena bisa berguna pada saat perjalanan mungkin kaki anda lecet bisa langsung digunakan. Jadi obat khusus untuk anda ini disesuaikan dengan jenis traveling yang akan anda lakukan apakah di alam liar outdoor atapun hanya traveling biasa.

8. Hindari Sinar Terik Matahari Langsung.

Pada musim kemarau tentu sinar matahari sangat terik membuat suasana terasa panas dan mengakibatkan cairan tubuh cepat berkurang. Apalagi anda berjalan di outdoor tidak ada pelindung kepala serta sun block tentu akan memberikan dampak lain terhadap kesehatan. Tidak pakai peindung kepala akan membuat kepala terasa panas yang bisa membuat pandangan menjadi kabur dan kondisi tubuh cepat drop. Anda bisa hindari sinar terik matahari ini dengan berlindung di tempat teduh sementara. Apabila jarak lokasi tempat wisata terasa jauh sebaiknya gunakan transportasi publik yang memungkinkan perjalanan anda cepat sampai tujuan.

9. Jangan Sampai Perut Keroncongan.

Hal ini kadang dianggap sepele oleh traveler pada saat menunggu pesawat udara mungkin adanya delay lama jadi lupa makan. Jangan sampai perut anda keroncongan menunggu ketidakpastian lama seperti ini dan harus anda isi dengan makanan yang sesuai dengan selera baik makanan ringan hingga berat.  Pola tunggu seperti ini bisa menyebabkan asam lambung menjadi tinggi dan kondisi tubuh sudah lelah dan capek akan memperburuk kesehatan anda untuk sampai ke tanah air. Jangan gara-gara terlalu hemat konyol seperti ini sampai di rumah anda masuk rumah sakit dan dirawat sampat beberapa minggu. Selalu perhatikan asupan makanan apapun kondisinya supaya stamina tetap terjaga dengan baik.

10. Susu Minuman Sehat Menyehatkan.

Minuman tambahan yang bisa anda sambi adalah susu. Di luar negeri banyak jenis susu halal yang bisa anda konsumsi baik dari jenis nabati atau pun hewani. Susu sehat ini bisa melengkapi asupan minuman sehat yang harganya masih sangat terjangkau dan bisa anda dapatkan di beberapa minimarket ataupun di bandara sehingga staminan tubuh tetap terjaga. Jangan pernah lupakan minuman sehat ini sebagai andalan anda untuk traveling di luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar