Sabtu, 15 Agustus 2020

Tiga Negara Populer Backpacker Indonesia: Singapore, Malaysia, Thailand

Banyaknya pertanyaan yang masuk ke admin Plesirankotatua meminta mengulas artikel goresan pena backpacker traveling liburan ke Singapore Malaysia

LANGKAH AWAL.

Untuk meneliti dari mana anda akan melangkah hal yang paling utama. Pengalaman kami sebaiknya rute yang dipilih satu jalur dan tidak bolak balik karena efektifitas waktu dan efisien biaya. Misalnya, anda harus menentukan penerbangan awal dari Singapore atau ke Bangkok Thailand. Jika anda memilih Kuala Lumpur Malaysia sepertinya tidak menjadi pilihan yang terbaik karena anda akan terjadi perjalanan ganda untuk salah satu rute yang mengakibatkan pilihan awal tidak terbaik. Kenapa Plesirankotatua menyarankan salah satu negara Singapore atau Thailand?. Alasannya adalah salah satu negara ini letaknya diujung, jadi bisa dijadikan starting point untuk melangkah dan pilihan yang terbaik. TIPS: jadi pilih penerbangan langsung ke salah satu negara ini sehingga anda bisa membuat itinerary yang terencana baik.

FORMULA 1: Singapore - Johor Bahru - Kuala Lumpur - Hatyai - Bangkok Thailand.

FORMULA 1: Bangkok Thailand - Hatyai - Kuala Lumpur - Johor Bahru - Singapore.

Formula yang kami jelaskan ini adalah rute perjalanan yang akan dilalui oleh transportasi darat seperti bus dan kereta api. Dari pertanyaan diatas kenapa tidak lewat Kuala Lumpur Malaysia, karena posisi kota ini ditengah jadi ada satu rute perjalanan ganda yang akan menghabiskan biaya yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan.

KOMPREHENSIF PETUNJUK.

Sebagai ilustrasi saya akan mengambil salah satu formula saja dengan rute: Singapore -> Johor Bahru -> Kuala Lumpur -> Hatyai -> Bangkok Thailand.

Singapore: Setelah anda mendarat di Bandara Changi Singapore tentu akan menetap satu hari untuk melakukan eksplor ke beberapa pusat wisata. Sebaiknya anda memilih hostel atau penginapan sekitar Bugis Street karena lokasi ini sangat terbaik untuk para backpacker dengan harga sangat ramah dengan budget penginapan.

Singapore -> Johor Bahru: Setelah anda menetapkan pilihan di sekitar Bugis Street sebagai tempat penginapan maka disekitar ini pula lokasi pool bus menuju ke Johor Bahru berada tepatnya di Queen Street dimana ada 3 jenis bus yang tersedia yang bisa anda pilih yaitu: SBS No 170, Causeway Link no CW2, atau Johor Bahru Express. Jadi anda bisa memilih salah satu bus ini untuk sampai ke Johor Bahru. Pembelian karcis bisa anda lakukan secara lamgsung atau go show, potongan karcis dari agen jangan anda buang karena akan digunakan lagi sebagai bukti pada saat pemeriksaan.

Saat berada di perbatasan Singapore dan Malaysia anda harus melakukan checking point di masing-masing imigrasi. Salah satu bus yang anda tumpangi ini akan naik kembali menggunakan bus lain yang sama menuju ke Johor Bahru dengan menunjukan potongan karcis tadi kepada petugas bus. Jadi anda tidak perlu membayar kembali karena rute perjalanan anda sampai ke Johor Bahru.

Johor Bahru -> Kuala Lumpur.

Setelah anda sampai di Johor Bahru bisa langsung melanjutkan perjalan ke Kuala Lumpur yang akan menuju ke Terminal Bersepadu Selatan atau TBS. Jadi bisa memutuskan untuk menginap di sekitar lokasi ini. Pilihannya adalah Petaling Street, sekitar Puduraya, atau Bukit Bintang. Karena lokasi ini sangat direkomendasikan karena banyak direkomendasikan sebagai tempat backpacker untuk tempat menginap. Keuntungannya adalah lokasi ini sangat dekat dengan transportasi ke Thailand baik bus ataupun kereta api.

Kuala Lumpur ->  Bangkok Thailand.

Untuk estafet menuju ke Bangkok Thailand ada dua transportasi darat yang bisa anda pilih yaitu bus dan kereta api. Untuk bus anda harus menaiki di TBS menuju ke Hatyai sebagai kota tujuan pertama dan estafet kembali dari Hatyai menuju ke Bangkok Thailand. Sedangkan untuk kereta api anda harus naik di KL Sentral dan bisa membeli tiket kereta langsung menuju ke Bangkok Thailand. Untuk kereta api ini sudah kami ulas di sesi artikel sebelumnya dan bisa anda baca [baca: link].

Stasiun kereta api di kota Bangkok Thailand yang harus anda kunjungi adalah: Hua Lamphong atau Thai: หัวลำโพง untuk melakukan perjalanan darat menuju ke beberapa kota atau Malaysia.

KESIMPULAN.

Untuk memilih jenis transportasi darat sesuai dengan selera apakah kereta atau bus. Untuk akses dan rute perjalanan untuk menuju ketiga negara ini sudah baik dan sangat nyaman dinaiki. Jadi anda bisa memilih jenis transportasi yang mana akan menjadi pilihan untuk berpindah. Untuk harga kedua transportasi ini tidak terlalu jauh berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar