Senin, 10 Agustus 2020

Resiko Bisnis Sewa Rental Mobil Serta Cara Jitu Atasi Permasalahannya

Setiap usaha yang akan dilakukan sudah tentu pasti akan diiringi dengan resiko termasuk usaha rental sewa tunggangan beroda empat. Resiko yang mungkin timbul masih ada cara buat mengatasi menggunakan jitu & terbaik sehingga perkara yang ditakuti tadi tentu bisa diminimalisir. Seorang pengusuha atau enterprenur wajib tahan banting apapun rintangan yg akan dihadapi akan selalu berbesar hati buat mengatasinya. Untuk sebuah manajemen resiko sebuah usaha sewa rental mobil ini tujuannya buat mengurangi resiko kerugiaan sekecil mungkin bahkan harus dihindari supaya aset yg dimiliki tidak hilang akibatnya perusahaan anda akan merugi.

Poto sang: aytrips.Com

Plesirankotatua berhasil melakukan beberapa pengamatan terhadap usaha dari rekan sejawat yang tentu ingin membagi sharing pengalamannya dimulai dari struktur organisasi internal yg berkualitas & profesional sampai faktor eksternal yg akan menghipnotis kinerja perusahaan. Penelitian yg dilakukan ini wajib memperhatikan unsur utama yg akan mensugesti bisnis rental kendaraan beroda empat itu sendiri yang saling berkaitan sehingga kelangsungan biologi perusahaan di masa yang akan tiba tetap terjamin.

Di artikel yg tertulis ini akan menaruh rincian resiko yg akan mungkin ada dalam bisnis sewa tunggangan sudah sudah dirasakan oleh pebisnis profesional yang sanggup menjadi pengajar yang baik bagi rekan yg ingin membuka bisnis ini sebagai tulang punggung ekonomi, berikut penjelasannya.

PENTING! Teliti Oknum Konsumen Lari Dari Tanggung Jawab.

Semua konsumen adalah raja tetapi terdapat oknum konsumen yg ingin memanfaatkan situasi ini buat kepentingan mereka menggunakan lari menurut tanggung jawab terhadap tunggangan beroda empat rental menjadi sasaran primer. Banyak sekali kasus yg ditimbulkan menurut oknum yg tidak bertanggung-jawab ini menggunakan banyak sekali kasus yg ditemukan oleh rekan kami misalnya:

a. Konsumen tidak mau membayar rental sewa tunggangan.

B. Melangggar kesepakatan perjanjian yang telah dibentuk.

C. Kendaraan tidak diawasi keamanannya seperti ditinggal dalam asal-asalan loka.

D. Mobil rental hilang tercuri sang pihak lain.

E. Kendaraan rental anda digunakan buat tindak pidana atau kriminalitas.

F. Pelanggan anda merusak tunggangan seenaknya tanpa terdapat rasa memiliki.

G. Fasilitas kendaraan beroda empat pada catut atau dalam rusak bahkan diganti menggunakan spart part palsu.

H. Kendaran yg disewa terjadi kecelakaan kemudian lintas.

I. Dst.

Keseluruhan perkara ini tentu banyak dirasakan oleh rekan kita yang telah menekuni bisnis sewa tunggangan ini menurut tahun ke tahun. Manisnya uang Rupiah tentu harus diiringi menggunakan kepahitan yang wajib dihadapi terhadap resiko yg akan muncul. Pengalaman adalah pengajar yg baik sebagai akibatnya terbentuklah cara buat mengatasi itu seluruh memakai cara digdaya untuk meminimalisir kerugian dengan manajemen perusahaan yang baik sehingga tercipta good corporate governance oleh pebisnis ini. Berikut cara mengatasinya:

I. ADMINISTRASI LENGKAP DAN KOMPREHENSIF.

Bisnis yg terkonsep harus mempunyai bagian administrasi yang mempunyai keahlian lengkap dan konsep komprehensif menyeluruh. Sistem administrasi hal yang sangat mutlak bahkan sangat menolong suatu lini bisnis atau organisasi sebagai profesional. Begitu jua dalam bisnis yg menaruh jasa sewa tunggangan seperti ini wajib memiliki sebuah bagian yg menjalankan misinya buat menerima semua fakta yang lengkap berdasarkan calon konsumen akan melakukan sewa rental kendaraan dimulai dari KTP/SIM/Kart Keluarga, apabila perlu anda wajib datang langsung ke lokasi tempat tinggal konsumen anda bertempat tinggal.

II. NETWORKING YANG TINGGI.

Bisnis ini merupakan sebuah kegiatan ekonomi yang harus memiliki networking tingkat tinggi atau disebut dengan bisnis yang banyak teman dan  pertemanan. Anda tidak bisa berdiri sendiri dan harus ada partner bisnis lain yang bisa saling bekerjasama seperti sesama pengusaha rental mobil ataupun kolega lain yang ada dibeberapa instansi. Manfaatnya sangat besar sekali dengan tercipta komunitas dari bisnis sejenis sudah pasti anda memiliki informasi tambahan dari sesama pebisnis rental mobil konsumen yang membutuhkan jenis kendaraan tertentu yang ingin di sewa. Networking tidak selalu dengan sesama pengusaha anda juga harus memiliki networking ke pihak berwajib seperti Polri serta TNI AD.

III. INVESTIGASI CALON PELANGGAN SEWA KENDARAAN.

Sebelum meneria pelanggan anda harus meneliti latar belakang pelanggan. Dengan canggihnya teknologi IT sekarang ini perusahaan anda juga telah bisa melakukan sistem sewa mobil dengan sistem online dangn platfor booking. Sistem online dan offline harus disatukan agar anda mendapatkan informasi yang akurat serta mengetahui konsumen anda dengan konsep "know your costumer" harus tetap berlanjut. Anda bisa melakukan wawancara dengan konsumen secara langsung, tujuan menyewa, serta pertanyaan yang mungkin bisa menjebak konsumen setelah ada sesi interview beberapa saat. Karena dengan melihat langsung konsumen anda ada insting tertentu apakah anda layak memberikan kunci mobil kepada konsumen ini atau tidak. Biasanya, dengan interview seperti ini bagi anda pemilik rental sudah pasti mengetahui konsumen yang benar-benar sebagai penyewa atau oknum. Harus berhati-hati menyikapi paling utama keputusan terakhir memang harus dari owner sendiri untuk menentukan konsumen rental mobil anda ini.

IV. UPDATE TEKNOLOGI KEAMANAN TERHADAP MOBIL.

Kecanggilan penemuan teknologi keamanan mobil telah tercipta yaitu sistem keamanan yang akan ditanamam pada mobil. Sistem keamanan ini sebagai chip yang bisa terkoneksi dengan internet untuk melacak di mana lokasi aset kendaraan anda berada. Untuk harga pasar sekarang ini dimulai dari harga IDR2jt - IDR3jt per satu unit. Dari segi harga memang cukup mahal apalagi anda memiliki kendaraan sewa lebih dari 10 unit berarti telah keluar biaya sebesar IDR20jt untuk teknologi keamanan mobil. Lebih baik anda mempersiapkan teknologi lacak ini daripada aset anda hilang lebih dari IDR 1M. Sistem keamanan ini bisa terkoneksi dengan jaringan internet 24 jam penuh, jadi anda bisa melakukan monitoring seluruh aset mobil anda.

V. KETAT DALAM MEMILIH KONSUMEN.

Tahap ini banyak dimulai dari salah memilih konsumen. Resiko bisnis rental mobil kurang ketatnya memilih konsumen yang tepat serta jujur dalam kerjasama. Kadang syarat-syarat pokok terlewatkan dengan masuknya uang sewa. Anda sebagai pemilik kendaraan jangan pernah salah pilih konsumen harus ketat dalam menentukan konsumen agar mobil rental yang tersedia tidak dibawa kabur oleh pelanggan. Ketat dalam hal syarat yang harus dilengkapi tetapi jangan terlalu ribet pula serta merepotkan konsumen . Tetap bijak pilih dan pilah mana yang paling utama.

VI. LAYANAN KONSUMEN.

Anda harus terkoneksi dengan layanan konsumen setiap saat. Sevice ini digunakan untuk konsumen yang telah melakukan sewa rental mobil dari perusahaan anda harus bisa terhubung jika butuh layanan lain apabila keadaan mobil yang anda sediakan mengalami kerusakan saat berada di perjalanan. Untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan memang harus membuka sebuah jalur khusus seperti WhatsApp yang bisa ada bentuk. Layanan ini sudah pasti akan meningkatkan performa perusahaan jasa anda yang selalu siap membantu 24 jam penuh.

Baca juga:

Bisnis Rental Sewa Mobil Skala Menengah Kebawah Dalam Tips Serta Solusi Permasalahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar