Kamis, 20 Agustus 2020

Tips Mudah Pengalaman Menghadapi Pertanyaan Petugas Imigrasi Pada Saat Pemeriksaan Paspor

Pengalaman traveler khususnya backpacker sangat bermanfaat sekali bagi anda yang pemula buat memulai perjalanan ke luar negeri minimal ke negara tetangga Singapore, Malaysia, Thailand, Negara Indochina, & favorit adalah Vietnam kadang adanya saat apes terjadi pemeriksaan

Pengalaman adalah guru terbaik untuk bisa menjadi pembelajaran bagi rekan kita yang ingin menempuh perjalanan dengan beberapa informasi yang bermanfaat agar bisa memberikan solusi terbaik. Hal yang perlu diperhatikan adalah informasi yang anda tulis di kertas imigrasi seperti contoh Singapore [baca: link] harus jelas, akurat, dan jujur. Karena bisa saja pemeriksaan seperti ini ditanyakan dengan dokumen lain seperti tempat menginap, berapa lama traveling, hingga jumlah uang yang dibawa, bahkan tiket kepulangan. Kejadian seperti ini sebagai hal yang sangat pokok dipersipakan agar anda bisa langsung masuk tanpa adanya halangan.

Poto oleh: theonlinecitizen.com

Anda sebagai traveler harus mempunyai attitude yang baik dan mempersiapkan semua hal yang prinsipal tadi agar proses pemeriksaan di pintu Imigrasi seperti Singapore, Malaysia, Thailand, Indochina, ataupun Vietnam berjalan dengan mulus dan petugas Imigrasi percaya bahwa anda datang untuk berlibur dilengkapi seluruh dokumen telah lengkap sehingga anda tidak perlu di interogasi di kantor mereka untuk menggali informasi tambahan sehingga waktu liburan anda menjadi terganggu.

1. Anda Harus Siap Diri Untuk Menghadapi Giliran Pemeriksaan.

Setelah anda mendarat di bandara kedatangan tentu harus mempersiapkan fisik dan mental untuk menghadapi berhadapan petugas imigrasi yang siap menanti di jalur yang anda antri. Berpakaian yang sopan dan nyaman dilihat dan pastikan anda anti dengan baik sesuai dengan giliran, pastikan anda berdiri di belakang garis yang telah ditetapkan pada saat giliran anda diperiksa. Karena dari hal sepele ini kadang petugas imigrasi akan menjadi ill feel dengan anda sehingga anda dipersulit pada proses stempel paspor. Mungkin saja proses yang akan berlangsung dengan antrian panjang bisa menghabiskan waktu sampai jam-an dan anda harus cukup fit dan tetap stabil.

2. Persiapkan Seluruh Dokumen Penting Pada Satu Tempat.

Sebelum anda melakukan perjalanan traveling jangan lupa mempersiapkan seluruh dokumen penting yang harus ada bersama anda. Letakan disebuah tas kecil khusus untuk dokumen dan uang sehingga anda tidak sulit mendapatkannya pada saat dokumen tersebut di tanya oleh petugas imigrasi. Semua ID termasuk KTP ataupun SIM juga dibawa agar pada saat anda keluar dari Imgrasi Indonesia kadang ditanya ID sebagai pelengkap. Khusus untuk imigrasi luar biasanya mereka juga kadang meminta ID ini jika anda salah menuliskan nama yang mereka cocokan dengan paspor. Jika anda menginap di negara tujuan telah memesan hotel dan tikep pesawat pulang maka dokumen ini harus bersama dengan anda jika perlu ada bukti email ataupun poto copy yang telah anda siapkan.

3. Teliti Dan Benar Mengisi Kartu Imigrasi.

Saat anda berada diatas pesawat akan mendapatkan kartu imgrasi yang harus anda isi sebelum landing di bandara. Biasanya kartu ini akan dibagikan sekitar 30 menit sebelum pesawat landing. Jadi pastikan anda mengisi seluruh informasi yang ada di kartu dan tulis dengan jelas serta bersih. Usahakan jangan sampai ada corat coret salah karena ada kalanya petugas imigrasi agak keki melihat seperti ini. Semua informasi yang anda isi harus benar dan jujur karena inilah hal penting untuk diperhatikan. Apabila anda ditanya dengan isian kartu ini usahakan santai dan tidak terbata bata gugup, jawablah sebenarnya dengan senyuman. Anda mendapatkan potongan kartu harap disimpan karena akan dikembalikan ke petugas imigrasi saat anda keluar dari negara tersebut dan jangan sampai hilang.

4. Paham Mengerti Peraturan.

Setiap peraturan dibuat untuk teratur bahkan sudah menjadi hal yang mutlak diikuti saat anda berada di negara orang. Seperti di Singapore atau Malaysia bahkan di Australia dan Neew Zealand hampir sama, dimana anda berada harus mengikuti peraturan seperti harus antri, tidak boleh menghidupkan hape, selfie, bahkan menyalip antrian. Sebelum terjadi anda harus memperhatikan ini, khusus bagi anda yang suka update status dan suka berisik. Jangan sekali-kali melakukan hal konyol ini di pintu pemeriksaan imigrasi karena akan berakibat fatal terhadap pemeriksaan anda karena telah melanggar peraturan yang mereka buat. Bisa-bisa anda di deportasi pulang ke Indonesia atau diberi peringatan untuk tidak bisa masuk lagi ke negara tujuan tersebut.

5. Selalu Awasi Barang Bawaan.

Seluruh barang bawaan harus dalam pengawasan anda. Apabila terjadi antri lama anda pasti terasa capek dan meletakan tas backpack di lantai. Memang antri lama membuat punggung terasa capek dan terpaksa diletakan dilantai. Sebenarnya tidak masalah tetapi jangan lupa pada saat antrian anda sudah mulai dekat sebaiknya tas tersebut kembali di ransel karena lebih sopan dilihat. Khusus untuk anda yang masuk ke negara Singapore, Malaysia, Australia, New Zealand, dan lainnya perhatikan seluruh barang bawaan ini. Jangan pernah membawa barang terlarang, berbau anarkis dan senjata tajam bersama anda. Khusus di beberapa negara Eropa ada pemeriksaan barang bajakan juga ada pemeriksaan, jadi barang yang dibawa harus asli.

6. Jawab Pertanyaan Dengan Jujur, Cerdas, dan Santai Kepada Petugas.

Petugas akan melakukan cross check pertanyaan yang telah anda isi di kartu imigrasi dan jawablah seluruh pertanyaan tersebut dengan cerdas, jujur, dan santai. Apabila anda sempat berbelit belit dan tidak sesuai dengan keterangan yang anda tulis jangan sampai dilakukan. Jika mereka ingin mendapatkan bukti lainnya anda bisa tunjukan dokumen lain seperti hotel dan tiket penerbangan pulang jika diperlukan.

7. Sikap Sopan Hindari Sikap Argumen Kasar Kepada Petugas.

Kadang kala stress dalam pekerjaan juga ada pada petugas. Jika petugas pada saat memeriksa dokumen anda dalam keadaan jutek, judes, dan tidak bersahabat hindari jangan dilawan. Anda harus menenangkan diri dan hindari adu argumentasi kepada petugas yang membuat anda dipersulit nantinya. Jadi situasi ini bisa saja terjadi jangan sampai anda terbawa suasana.

8. Pakaian Rapi Tidak Over Acting.

Pakaian yang dipakai memang sesuai dengan karakter masing-masing. Tetapi dilihat tempat dan suasana adalah penting. Hindari pakaian yang sangat merepotkan anda sendiri seperti terlalu banyak pakai asesoris, pakai kaca mata, hingga wajah anda tidak terlihat oleh petugas. Sebaiknya anda berpakaian standar saja yang penting sopan sehingga proses pemeriksaan anda di imigrasi berjalan dengan baik dan lancar.

9. Ucapkan Bahasa Terpelajar.

Setiap interaksi antara traveler dan petugas imigrasi akan ada sedikit pembicaraan untuk mencairkan suasana terhadap dokumen perjalanan anda. Anda jangan terlalu kaku dan telmi jika menjawab seluruh pertanyaan pada saat proses pemeriksaan. Berikan ucapan selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam saat diri anda mendapat giliran. Biasanya sopan santun seperti ini bisa dapat memberikan sebuah sapaan yang menyejukan sehingga respon positif dari petugas bisa anda dapatkan.

10. Dokumen Penting Selalu Tersedia Bersama Anda.

Seluruh dokumen yang telah anda siapkan mudah dijangkau dan cepat ditemukan. Jangan diletakan didalam tas ransel ataupun tas yang dimasukan ke bagase pesawat. Hal konyol jangan sampai dilakukan karena kesalahan anda. Satukan seluruh dokumen penting dalam sebuah tas kecil yang mudah membawanya sehingga pada saat dibutuhkan anda tidak repot mencarinya dan tidak baper mati gaya. Jangan sampai terjadi karena hal sepele seperti ini bisa berakibat fatal jadinya pada saat pemeriksaan di imigrasi.

11. Selalu Catat Nomer Dan Alamat Penting.

Sepertinya sepele tetapi sangat penting. Nomer dan alamat penting ini juga harus anda persiapkan jika hal apes ataupun genting lainnya anda sangat butuh seperti nomer telepon hotel anda menginap, nomer telepon kedutaan besar Indonesia, atau kenalan anda di negara tujuan yang memberikan sponsor anda untuk tinggal. Jangan lupa pada saat tertentu pula catat nomer telepon saudara ataupun orang terdekat anda pada hape ataupun di catatan kecil sebagai penjagaan saja.

12. Tetap Tegar Serta Semangat.

Apabila anda telah melakukan keseluruhan tahap ini dengan baik tetapi petugas imigrasi tetap menggiring anda ke kantor pemeriksaan anda tetap tenang dan jangan panik. Apabila anda tidak membuat kesalahan ataupun membuat sesuatu diluar dari pengetahuan anda sebaiknya anda ikuti saja prosesnya. Apabila semua data yang mereka tanyakan di kantor pemeriksaan lengakap semua dan valid sudah pasti anda akan dipersilahkan masuk tanpa ada hambatan. Biasanya proses yang agak rinci seperti ini jika ada gejolak politik internal negara atau sedang melakukan investigasi untuk kasus tertentu.

13. Langsung Berjalan Setelah Pemeriksaan.

Setelah anda selesai melewati pemeriksaan jangan sekali-kali berdiri dibelakang petugas dengan melihat layar monitor mereka. Anda akan dicurigai dan bahkan akan digelandang ke pos pemeriksaan atas tuduhan menyelinap atau mata-mata dengan melihat informasi penting yang mereka miliki. Setelah anda selesai langsung menjauh dan menuju ke pengambilan bagase atau pintu keluar untuk melanjutkan perjalanan traveling anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar