Minggu, 08 November 2020

Tips Aman Menyenangkan Saat Memilih Trip Liburan Travelling Ke Pulau Komodo

Destinasi wisata modern yg telah mengguncang global merupakan Pulau Komodo sudah masuk daftar bepergian kelas internasional sudah mempengaruhi para traveller berdasarkan Indonesia buat melakukan eksplor pulau eksotis ini yang berada pada NTT Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo dimana sebagai loka asli asli komodo yang merupakan keajaiban dunia yg dilindungi ini segera menyambut para wisatawan yg akan transit bahkan menghabiskan masa liburan pada kurang lebih lokasi ini. Tentunya buat mengunjungi Pulau Komodo ini harus tahu beberapa saran kondusif ketika anda sedang berada di kurang lebih tempat asli Komodo yg sebagai perhatian agar nir terusik sang hewan Komodo itu sendiri, walaupun anda masih ada disekitar mereka permanen nyaman buat melihat mereka menurut dekat menggunakan jeda yang sudah dipengaruhi oleh pengelola.

Poto oleh: theanandic.com

Plesirankotatua ingin sharing waktu anda melakukan perjalanan travelling trip liburan ke Pulau Komodo dalam ketika dekat lantaran masih ada beberapa tips krusial yang menjadi atensi spesifik saat anda berada pada dekat mereka ketika kehidupan liar mereka sebagai sebuah ancaman terhadap keselamatan semua wisatawan. Berikut penerangan lengkapnya.

1. Saat Berkunjung Harus Bersama Petugas Khusus.

Pulau Komodo sebagai loka orisinil orisinil menurut hewan kadal terbesar pada dunia ini relatif luas

PENTING!

Kasus saat terjadi seorang turis luar negeri yang nekat berjalan sendirian di pagi hari dengan kameranya diserang oleh Komodo. Turis ini melanggar aturan yang telah ditetapkan untuk tidak boleh berjalan di Pulau Komodo sendirian karena harus didampingi oleh petugas khusus. Jangan sampai terulang lagi dan jaga adab saat berkunjung ke lokasi ini.

2. Selalu Santai Jangan Membuat Gerakan Tiba-Tiba Membuat Komodo Kaget.

Indera penglihatan Komodo memang tidak sempurna tetapi indera penciumannya sangat luar biasa sempurna. Sebagian traveller menyebutnya hewan ini jinak dan tidak responsif, jangan salah justru Komodo sangat agresif saat mereka terusik. Jangan membuat gerakan yang memberikan efek tiba-tiba yang tentu membuat Komodo menjadi agresif dan pastikan suara berisik dan teriak dihindari saat berada disekitar lokasi.

3. Wanita Menstruasi Dilarang Berkunjung.

Khusus bagi wanita yang sedang dalam masa datang bulan atau menstruasi dilarang mengunjungi lokasi. Karena Komodo sangat sensitif sekali bau darah, hewan purba ini bisa mencium aroma amis darah ini dengan jarak 5 km jauhnya dan bisa membuat mereka menjadi sangat agresif. Sudah saat wanita menstruasi sebenarnya dilarang tetapi tidak secara total. Sebelum adan berkunjung sebaiknya langsung memberi tahu petugas bahwa sikulus bulan anda sedang berlangsung.

4. Waspada! Jika Komodo Mengejar Segera Lari Metode Zig Zag Dan Menuju Ke Lokasi Tinggi.

Saat anda berada di sekitar lokasi mungkin ada situasi Komodo dalam suasana agresif. Komodo mempunyai tenaga yang besar dan dapat berlari dengan cepat, tetapi larinya posisi luruh. Apabila saat tersebut anda dikejar maka ambil posisi lari dengan metode zig zag karena penglihatan mereka tidak sempurna akan menjadi lemah saat anda lari dengan posisi seperti ini. Cari tempat yang cukup tinggi dan naik segera. Misal ke rumah panggung karena Komodo akan kesulitan menaiki tangga. Dan yang menjadi perhatian penuh adalah air liur dari komodo ini sangat banyak mengandung bakteri yang berbahaya bagi tubuh, jadi pastikan anda selalu waspada karena efeknya sangat mematikan.

5. Jauhkan Warna Merah Saat Berkunjung.

Sebagian rekomendasi menyebutkan jauhkan warna merah saat berkunjung termasuk pakaian dan celana yang berwarna ini. Karena sifat agresif ini banyak para wisatawan enggan memakainya karena tidak mau mengambil resiko. Sebaiknya anda memakai pakaian lain yang tentu lebih baik agar suasana nyaman saat berkunjung bisa anda dapatkan segera.

6. Tidak Boleh Nyalakan Api.

Pulau Komodo sangat tandus bahkan gersang, efek kebakaran sangat tinggi disekitar pulau. Selalu waspada bagi anda yang suka merokok untuk memperhartikan puntung rokok yang masih ada nyala api untuk tidak dibuang sembarang tempat akan menyebabkan kebakaran. Bahkan larangan untuk merokok sudah mulai gencar dilakukan untuk memberikan efek aman untuk Pulau Komodo yang eksotis ini.

7. Hindari Pemakaian Parfum Menyengat.

Sebaiknya anda berkunjung jangan menggunakan parfum yang sangat menyengat, karena penciuman Komodo sangat sempurna dan menghindari diri anda untuk tidak didatangi oleh hewan buas ini. Rekomendasi yang banyak disampaikan usahakan jangan pakai parfum saat berkunjung menjadi lebih baik.

8. Pahami Musim Larangan Berkunjung Ke Pulau Komodo.

Ada bulan tertentu wisatwan tidak boleh bekrkunjung pada saat Komodo dalam musim kawin dan Komodo betina bertelur. Bulan tersebut adalah bulan September. Di musim ini banyak sekali Komodo masuk keluar hutan dimana para Komodo Jantan akan bertarung untuk mendapatkan seekor betina di masa kawin tersebut. Jadi pastikan bulan ini menjadi atensi khusus agar kenyamanan anda selama travelling bisa didapatkan.

KESIMPULAN.

Setelah anda sampai di Pulau Komodo semua aturan yang telah ditetapkan wajib anda patuhi, jangan bandel dan enak sendiri yang akan memberikan efek fatal terhadap diri sendiri. Seluruh instruksi yang akan disampaikan oleh petugas khusus atau ranger yang akan memandu seluruh aktifitas wisata di Pulau Komodo. Instruksi yang dimaksud adalah ada hal yang diperbolehkan dan tidak boleh. Jadi seluruh pertualangan yang akan anda dapatkan untuk menghindari hal yang membuat resiko terhadap seluruh pengunjung dan harus anda patuhi.

Saat melakukan treking bersama ranger harus memperhatikan jarak yang harus diikuti oleh traveller, karena jalur yang akan dilewati sudah banyak dipahami oleh para petugas khusus ini maka anda jangan pernah berpisah dari rombongan. Karena waktu tiba-tiba bisa saja Komodo akan datang secara tiba-tiba yang tentu akan memberikan efek kaget kepada seluruh traveller wisatawan.

Semoga artikel ini bermanfat dan bisa memberikan sedikit sharing pengalaman kepada anda yang ingin berkunjung ke pulau yang sudah masuk keajaiban dunia yang dilindungi. Pastikan seluruh aktifitas anda wisata menyenangkan dan ikuti seluruh peraturan yang telah ditetapkan oleh pengelola Pulau Komodo demi keselamatan selama treking nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar