Kamis, 12 November 2020

Planning Menyelam Diving Di Manta Sandy Raja Ampat: Perhatikan Aturan Ini Untuk Melakukan Explore Dunia Bawah Laut

Suasana bawah bahari menggunakan olah raga menyelam diving ini sudah membangun para fans menggila dibuatnya pada Mata Sandy Raja Ampat sebagai spot terbaik yang masih ada di Indonesia. Indonesia memang surganya tempat wisata yang tidak akan pernah habis dibahas, ini lah negeri tercinta yg menjadi sorotan seluruh traveller semua dunia termasuk lokal membuat magnet tersendiri buat menghabiskan saat yg paripurna. Surga dunia bawah laut di Manta Sandy Raja Ampat sebagai spot sudah ditemukan oleh diving seluruh global sebagai tempat berkumpulnya diver profesional untuk melakukan eksplor krusial buat menikmati semua tema wisata laut.

Spot Terbaik Manta-Sandy-Raja-Ampat-Indonesia. Poto oleh: tribloo.com

Harus krusial diketahui bahwa buat melakukan olah raga bawah bahari terdapat beberapa hal yg sangat perlu diperhatikan aturan ini ketika anda menentukan Manta Sandy Raja Ampat sebagai spot buat menyelam atau diving karena zona ini adalah loka yg paling populer bahkan disinilah loka yg banyak direkomendasikan oleh divers profesional, berikut rinciannya:

1. Pastikan Tidak Menggunakan Cahaya Tambahan Saat Diving.

Seperti diketahui bahwa Manta Ray atau dikenal dengan ikan pari manta termasuk fauna yg sangat nir suka kegaduhan atau pemalu. Jika ikan pari manta ini merasa terganggu & membentuk mereka terusik maka akan terjadi gejolak murka secara datang-tiba. Maka anda sebagai diver harus menjaga attitude atau adab saat berada di kurang lebih ikan pari manta agar hal kenyamanan & sanggup ikut bernteraksi eksklusif menggunakan mereka mampu terwujud menggunakan baik. Saat momen bersama menggunakan ikan pari jangan memakai kamera bawah bahari memakai flash sinar atau sinar tambahan lainnya untuk antisipasi ikan tetap hening

2. Jumlah Terbatas Saat Bersama Ikan Pari.

Saat anda memutuskan untuk melakukan diving atau menyelam pastikan jumlah yang ikut serta tidak melebihi dari 20 orang. Manta Sandy tempat yang spesial dan tidak bisa dikunjungi sembarangan karena harus antri dan  pastikan anda serta rombongan mendapat waktu yang tepat agar bisa mengikuti ritual menyelam di Manta Sandy.

3. Peserta Menyelam Harus Sikap Tenang.

Di sekitar lokasi diving seluruh peserta harus bersikap tenang untuk mengerti bahwa ikan pari manta ini sifatnya sangat pemalu dan saat melihat mereka menghampiri anda dan rombongan tidak terlalu tegang saat berjumpa langsung dengan manta ray. Dengan cara seperti ini anda bisa langsung melihat mereka berenang dengan indahnya dan inilah pesona bawah laut yang banyak dicari oleh penyelam dengan eksotisnya spesies. Sikap tenang anda akan menentukan spot terbaik melihat ikan pari ini berenang dengan tarian liukanya.

4. Selalu Awas Diri Jangan Sentuh Ikan Pari.

Sifat yang selalu awas diri ini selalu diketahui oleh para penyelam atau diver. Memang gemas melihat ikan pari manta ini berenang tetapi cara seperti ini tidak direkomendasikan. Rasa ingin memegang dan ingin berinteraksi langsung dengan memegang akan membuat manta ray ini akan menjadi terusik akan berdampak buruk terhadap seluruh anggaota penyelam lainnya termasuk anda. Ikan pari manta jika merasa terancam saat disentuh oleh manusia. Sangat cantik tetapi sangat berbahaya saat terdesak disentuh secara tiba-tiba.

5. Posisi Tepat Saat Menyelam.

Harus dimengerti dan dipahami bahwa ikan pari manta ini konsumsi plankton sebagai makanan utama. Mikroorganisme yang sangat penting ini terbesar banyak di sekitar Raja Ampat. Saat melakukan menyelam ini seluruh rombongan termasuk anda berada di posisi yang tepat dan menjauh dari posisi ikan pari yang sedang menjadi makan, jangan sampai mengganggu jalur mereka untuk melakukan aktifitas makan.

6. Musim Tepat.

Saat melakukan penyelaman memang di musim yang tepat jangan pada musim hukan deras dan gelombang tinggi. Pada musim ini tentu suasana membuat tidak nyaman karena gelombang tinggi dan hujan deras akan menghambat perjalanan anda dan membutuhkan ekstra perhatian bagi seluruh rombongan penyelam. Pasti musim yang tepat ini bisa masuk dalam daftar kunjungan agar kenyamanan untuk diving bisa anda dapatkan segera.

7. Selalu Jaga Jarak Posisi Aman.

Selalu menjaga posisi aman saat anda mendekati ikan pari manta, rekomendasi dari para penyelam profesional +/- 3 meter. Jangan memberikan efek mengejar karena ikan tersebut meresa tidak aman sehingga mereka akan pergi menjauh. Untuk menjaga keselamatan dan ekor ikan yang sangat beracun ini akan memberi efek mematikan saat terlilit. Jaga posisi aman untuk mendapatkan pesona keindahan ikan pari manta yang ada di Raja Ampat.

Semoga aturan yang sebagian ini bisa memberikan ilustrasi awal dan petunjuk bagi anda dan rombongan lain yang ingin melabuhkan diri untuk menyelam di Raja Ampat khususnya di Manta Sandy yang memberikan sebuah pengalaman dunia bawah laut yang ada di Indonesia. Persiapkan diri anda untuk menjemput pesona ini dengan pengetahuan yang cukup agar terhindar dari bahaya yang akan mengikuti anda jika membuat ikan pari manta terusik.  Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar