Senin, 09 November 2020

Tips Aman Mendaki Gunung

Saat waktu mendaki gunung sudah memasuki musimnya poly sekali para pemula yg ingin menghabiskan masa liburan menggunakan menikmati seluruhnya memakai menyatu menggunakan indahnya alam dalam pegunungan. Mendaki gunung butuh teknik spesifik & butuh pengetahuan yang relatif agar perjalanan nanti bisa anda lalui memakai metode yang nisbi simple

Poto oleh: detikworld.wordpress.com

Plesirankotatua ingin sharing pengalaman apa saja tips aman untuk mendaki gunung yang akan menjadi pilihan anda untuk menghabiskan waktu liburan dengan tekad yang bulat untuk mewujudkannya, berikut penjelasan lengkapnya;

1. Persiapan Latih Olah Fisik Keseimbangan.

Persiapan ini sudah banyak dilakukan oleh para pendaki profesional yang selalu mempersiapkan diri untuk kestabilan langkah saat menaiki gunung dengan jalur treking yang dinamis. Untuk melatih otot secara teratur dan butuh waktu yang sangat cukup agar treking yang akan dilalui nanti memang sesuai dengan latihan yang telah anda dapatkan dari mentor pencinta alam. Treking yang sangat bervariasi di setiap titik dan anda harus mampu melaluinya dengan teknik latih dan skill sehingga kaki saat pijakan tegap kokoh dan tidak ada gemetar sama sekali. Latihan ini biasanya dilakukan 3 bulan sebelum acara mendaki gunung agar otot terbiasa dengan stressing latihan sehingga di jalur yang sebenarnya tidak menjadi kaget atau cedera.

Pola latihannya juga dibarengi dengan olah raga rutin seperti lari, joging, hingga bersepeda agar irama otot tubuh harus dibiasakan sedini mungkin agar stressing otot tetap selalu terjaga sebelum perjalanan pendakian dimulai.

2. Selalu Menjaga Kesehatan.

Menjaga kesehatan sangat mutlak dilakukan saat perjalanan pendakian gunung sudah dekat. Sebenarnya menjaga kesehatan selalu dilakukan tidak hanya saat melakukan daki gunung saja, karena perjalanan yang akan anda lakukan ini memang butuh stamina yang cukup ekstra kuat jadi pola hidup sehat sudah anda lakukan dari sekarang. Bayangkan treking perjalanan yang bisa menghabiskan waktu hingga 8 jam perjalanan ini memang tidak main-main. Seluruh ritme tubuh, kestabilan melangkah, hingga atur nafas yang sempurna menjadi hal yang membuat perjalanan ini akan memberikan hasil yang lebih baik. Jauhkan diri dari kegiatan yang tidak memberikan manfaat seperti merokok, suka begadang, hingga konsumsi makanan yang bergizi harus anda lakukan. Kehidupan sehat lainnya juga harus disertakan yaitu tidur yang cukup dan selalu budayakan kesehatan setiap hari dengan kegiatan yang membuat tubuh tetap fit dan bertenaga.

3. Bawa Perlengkapan Penting Mendaki Gunung.

Seluruh perlengkapan saat mendaki gunung harus anda persiapan sedemikian rupa dan pastikan barang yang telah dipersiapkan ini memang sangat dibutuhkan. Persiapan yang akan dilakukan ini memang harus ada mentor dari para pendaki profesional agar lebih terarah serta memang menjadi prioritas untuk dibawa saat daki gunung nanti. Apabila anda berangkat dengan tim dan rombongan pastikan seluruh tim harus memberikan partisipasi yang cukup tinggi agar bagi tugas yang telah dilakukan bisa dirasakan bersama-sama sehingga kenyamanan selama perjalanan nanti bisa menjadi lebih menyenangkan.

Baca juga:

Apa Saja Barang Dibawa ke Wisata Outdoor Alam Liar

Bagaimana Cara Memilih Ransel Untuk Berlibur dan Mendaki Gunung

4. Logistik Selama Mendaki Gunung.

Logistik adalah barang bawaan yang cukup penting dipersiapkan agar selama perjalanan nanti masih tersedia makanan dan minuman yang cukup baik selama pendakian nanti sampai turun kembali kebawah. Konsumsi makanan yang cukup ini tentu sudah dihitung secara bersama-sama dengan mentor anda sehingga kebutuhan untuk masing-masing anggota sudah dipredikasikan dengan perhitungan yang cukup baik. Jadi, anda yang ikut ekspedisi nanti berperan aktif untuk memberikan effort terhadap logistik yang akan menjadi sumber makanan dan minuman sehingga anda bersama rombongan tetap selalu dalam suasan menyenangkan dan akrab.

Baca juga:

Makanan Minuman Khusus Bekal Untuk Ekspedisi Pendakian Gunung

5. Teknik Berjalan Saat Mendaki Gunung.

Setiap langkah yang telah anda ayunkan ke depan di lokasi pendakian tidak berjalan seperti jalan biasa. Teknik harus anda pahami agar pijakan tetap sesuai arahan saat latihan sebelumnya terutama untuk treking yang menanjak, menurun, hingga berada di posisi tebing jurang. Kestabilan langkah dan ritme tubuh harus seimbang sehingga anda bisa terbebas dari kecelakan minor atau mayor di sekitar pegunungan.

Baca juga:

Cara Mendaki Gunung Yang Baik dan Benar Para Pendaki Newbie Pemula dan Profesional

6. Selalu Informasikan Ke Tim Keadaan Tubuh Anda Sebenarnya.

Seluruh fisik seluruh anggota yang ikut mendaki gunung memang tidak sama. Yang bisa merasakan bagaimana kondisi tubuh ya anda sendiri. Pastikan kondisi sebenarnya harus anda sampaikan saat sudah melakukan pendakian, jangan malu dengan kondisi tubuh jika terasa capek dan lelah melanda segera sampaikan sehingga rombongan akan memberikan waktu untuk istirahat secara penuh.

Baca juga:

Jenis Obat Penting yang Harus Dibawa Saat Travelling

7. Selalu Ceria Setiap Segala Suasana.

Selama mendaki gunung anda selalu terbawa suasana ceria dan menyenangkan. Apapun kondisi treking yang akan anda hadapi pastikan tidak mengeluh atau tidak senang karena akan berdampak terhadap psikologi terhadap diri anda sendiri bahkan bisa mempengaruhi seluruh tim. Proses pendakian dengan treking yang sangat beragam ini tentu harus dibutuhkan suasana yang menyenangkan agar kesulitan yang akan dihadapi terasa lebih ringan sebagai suplemen penting untuk sebuah ekspedisi pendakian gunung.

8. Jangan Pernah Buang Sampah Sembarang Di Jalur Treking atau Sekitar Gunung.

Para pendaki gunung yang sudah paham dengan cinta alam akan sangat memperhatikan sampah untuk tidak dibuang sembarangan. Apapun bentuk dan ukuran sampah yang akan dibuang harus disimpan kedalam tas ransel, dikumpulkan, kemudian dibuang di tempat yang telah disediakan oleh petugas di pintu masuk. Bahkan sampah yang dibuat oleh pendaki harus dibawa kembali ke bawah. Gunung bukan tempat sampah anda, karena gunung sudah bersih dari limbah sampah manusia yang akan membuat pemandangan jadi buruh dan suasana menjadi tidak nyaman.

9. Harus Mengikuti Seluruh Istruksi Mentor Selama Pendakian.

Seluruh perjalanan mendaki gunung sudah dipastikan ada prosedur dan teknik yang akan dilakukan. Tata laksana di lapangan harus sesuai dengan SOP yang telah diarahkan oleh petugas bahkan ketua regu akan selalu mengingatkan. Perjalanan ini tentu membutuhkan kerjasama seluruh anggota termasuk anda agar perjalanan ini tetap fokus dengan petunjuk pasti dan beberapa hal yang menjadi pantangan untuk tidak dilakukan. Selalu memahami seluruh instruksi yang telah disampaikan jangan mengambil kesimpulan sendiri karena treking perjalanan mendaki gunung berhubungan dengan hutan rimba yang masih alami yang tentunya mempunyai teknik tersendiri untuk menyikapi setiap tanda atau sandi tertentu agar jalan yang ditempuh memang sesuai dengan petunjuk yang didapat sebelum pendakian.

Baca juga:

Cara Mendaki Daki Pendakian Gunung Singgalang Sumatera Barat | Hiking Mount Singgalang

Teknik Bagaimana Cara Mendaki Gunung Marapi Sumatera Barat

Tata Cara Bagaimana Mendaki Pendakian Treking Gunung Tandikek Sumatera Barat

Tata Cara Bagaimana Mendaki Pendakian Gunung Sorik Marapi Madina Mandailing Natal Sumatera Utara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar