Selasa, 12 Mei 2020

Aktifitas Wajib Lakukan Sekitar Orchard Road Singapore

Apabila anda ingin melakukan aktifitas yang dilakukan dalam kurang lebih Orchard Road Singapore ketika melakukan traveling nir hanya nirwana belanja saja ternyata banyak yang bisa anda lakukan seperti nonton bioskop, bermain game, jalan-jalan pada Orchard Road, hingga aktifitas manjat dinding yg tersedia pada sekitar area ini. Semua atraksi krusial bagi traveler ini tentu saja akan didatangi nir hanya shopping melulu sebagai bosan

Singapura mempunyai karakter budaya yang unik sehingga aspek untuk memberikan pilihan untuk komunitas hingga hiburan selalu terintegrasi dengan baik sehingga turis memilih berlibur di negara ini dapat berhari-hari. Cukup lengkap memang aktifitas di sekitar Orchard Road dimulai dari  National Museum Singapore, Singapore Art Museum, Istana, hingga ke lokasi perumahan gubernur juga dapat menjadi pilihan. Tidak terlupakan anda juga berkunjung ke Emerald Hill Road. Saya yakin artikel yang kami tulis ini menjadi rujukan anda untuk menghabiskan waktu liburan apabila berada di sekitar Orchard Road untuk mengisi waktu liburan singkat ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

#1. FORT CANNING PARK.

MRT: City Hall Address: 70 River Valley Road, Singapore 179037

Jam Buka: 24 Jam.

Poto credit:commons.wikimedia.org

Lokasi yang masih sangat dekat dengan Orchard Road ini tepatnya di pusat kota ada lokasi taman Fort Canning Park sebagai landmark yang dilindungi di Singapore. Banyak sekali para penduduk dan turis menghabiskan waktu senggang mereka untuk sibuk di sore hari dengan jalan-jalan di sekitar taman dengan kegiatan santainya. Yang menjadi menarik adalah lingkungan sekitar yang telah tertata baik ini mempunyai terowongan bawah tanah yang sudah ada sejak perang dunia kedua. Lokasi tepatnya ada di belakang museum sejarah Singapura di Stamford Road, turis yang berada di underpass Park Mall, underpass National Library, kompleks renang River Valley, dan Hill Street Food Center langsung menuju ke Fort Canning Park.

#2. NATIONAL MUSEUM SINGAPORE.

Alamat: 93 Stamford Road, Singapore 178897

Jam Buka: Singapore History Gallery is open from 10:00 to 18:00

Poto credit: en.wikipedia.org

Sebagai museum tertua di Singapura ini merupakan sebuah monumen penting yang paling dilindungi keberadaannya dan pastinya keberadaannya cukup menonjol di sana. Museum tertua yang menjelaskan sejarah Singapura dan nama museum ini diberikan sekitar tahun 1965. Saat periode 1993 sampai maret 2006 dikenal sebagai museum sejarah SIngapura sebelum kembali ke nama aslinya. Menurut sejarah, 1949 museum ini sebagai bagian dari perpustakaan di Lembaga Singapura, setelah beberapa kali relokasi museum tersebut dipindahkan ke area Stamford Road dan perencanan sekitar tahun 1887. Museum ini telah dilakukan renovasi dan dibuka kembali sekitar tahun 2006.

#3. ISTANA.

Alamat: 35 Orchard Rd, Singapura 238823

Jam Buka: dibuka sepanjang tahun perayaan acara Imlek, Deepavali, Hari Raya, Puasa, Hari Buruh, Libur Nasional, Hari Libur Khusus | Pukul 08:30 - 18:00

Poto credit: en.wikipedia.org

Istana ini sebelumnya dikenal sebagai kantor resmi Presiden Republik Singapura ini dan menerima kunjungan negara serta tamu negara yang datang disambut di tempat ini dengan prosesi kenegaraan. Sekitar kompleks bangunan terdapat Sri Temasek yang merupakan kantor dan kediamanan dari Perdana Menteri yang bekerja saat melakukan tugasnya. Lokasi Istana ini kompleks yang cukup luas dan mempunyai ruang terbuka dan sangat dekat dengan lingkungan pusat Orchard Road yang sangat ramai. Kompleks Istana seluas 0,4 km² menurut sejarah merupakan bagian dari lahan pertanian pala Gunung Sophia. Tapi sejak tahun 1867 Kolonial Britania Raya memindahkanlahan ini dan mulai bangun fasilitas untuk Gubernur Britania waktu itu. Sehingga tahun 1959 Singapura mendapat kemerdekaannya yang berdaulat dan akhirnya menjadi Presiden Singapura.

Baca juga:

Kegiatan Penting Apa Harus Dilakukan Traveler Saat Berada Di Sekitar Marina Bay Singapore

Alasan Kenapa Anda Harus Traveling Ke Singapore Tahun Ini

Tips Traveling Bulan Puasa Ramadhan Ke Singapore Tahun Ini

#4. SINGAPORE ART MUSEUM.

Alamat: 71 Bras Basah Road, Singapore 189555.

Jam Buka: Setiap Hari 10:00 - 19:00 | Khusus Jum'at 10:00 - 21:00

Poto credit: en.wikipedia.org

Sebagai museum yang sangat penting di Singapore tepatnya memamerkan karya seni lokasinya di Bras Basah tidak terlalu jauh dari Orchard Road. Pastinya lokasi yang sangat ideal sekali apalagi anda yang sedang nongkrong di sekitar daerah ini ingin mencari alternatif tempat wisata lainnya setelah shopping menggila. Museum yang mempunyai koleksi sekitar 8000 jenis dimulai dari kontemporer hingga modern yang berasal dari Asia dan Singapore. Luas museum yang dukup memadai ini sekitar 10.000 sqm untuk memberikan sebuah luas yang sangat standar internasional ini memberikan kenyamanan saat hadir di sekitar museum. Untuk jenis lukisan ada di layar juga ada beberapa potongan fotografi serta instalasi yang sangat menarik. Untuk menikmati suasana museum dilengkapi juga tempat nongkrong dimulai dari toko hingga cafe yang menyediakan minuman yang tepat saat anda berkumpul. Tidak ketinggalan juga ada restoran untuk mengisi perut keroncongan saat muter-muter di sekitar museum.

#5. 2902 GALLERY.

Alamat: 222 Queen Street, Unit 02-02, Singapore 188550.

Jam Buka: Selasa-Sabtu 12:00 - 19:00 dan Minggu 12:00 - 17:00

Poto credit:flickr.com/photos/wynnie/3918259766

Galeri yang tentu saja cukup dekat dengan Orchard Road ini tepatnya di Queen Street persis seberang Singapore Art Museum. Untuk koleksi yang terpajang di galeri ini tentu sangat menarik bahkan untuk jenis yang yang trending di zaman sekarang akan menjadi daya tarik tersendiri. Para seniman hasil karya terpajang di museum lebih banyak dari negara Asia Tenggara, Thailand, Laos, dan Malaysia dengan uniknya tema politik. Fokus objek yang terpajang berupa karya seni vidio hingga fotografi kontemporer. Penghargaan dengan hasil terbaik maka seniman terpilih yang terbaik akan di pamerkan. Ide dan wawasan yang sangat fenomenal akan menginspirasi sebuah hasil karya yang akan terus terwujud di masa yang akan datang.

#6. Via Ferratta Climbing Wall

Alamat: 181 Orchard Road, Singapore 238896

MRT: Stasiun Somerset.

Jam Buka: Setiap hari 12:00 - 21:00

Poto credit:singapore-guide.com

Jika anda mempunyai jiwa energik yang pastinya menyediakan waktu untuk olah raga sejenak panjat dinding taklukan adanya tantangan untuk menahan seberapa kuat daya tahan tangan untuk segera naik ke puncak. Sesi panjat dinding ini juga menjadi target pemula yang ingin mencoba apakah kemampuan untuk memecahkan prestasi yang belum anda peroleh sebelumnya dengan tingkat ketepatan waktu yang akan dibentuk untuk setiap langkah yang akan dilakukan saat itu. Salah satu area tertutup dengan dinding tertinggi di Singapore saat sekarang ini mampu menguji kestabilan anda untuk menahan kestabilan tangan dan keseimbangan tubuh hingga 30 meter menjulang tinggi, pastinya anda turut serta uji adrenalin segera taklukan tempat ini. Pastinya anda tidak sendirian ada instruktur yang profesional dan ahli di bidangnya untuk membantu dan membimbing anda untuk segera taklukan misi ini. Prestasi yang sangat jitu bagi anda yang telah mampu melewati rintangan ini saat berada di puncak, kebanggan tersendiri sehingga akan muncul kecanduan baru untuk mengulangi sekali lagi. Lokasi tepatnya berada di Orchard Central Mall dan tidak sulit menemukan, hanya 5 menit saja berjalan kaki dari Somerset dan Orchard Road Singapore.

#7. 8 Emerald Hill Road.

Poto credit: en.wikipedia.org

Jangan khawatir di saat anda berada dekat dari Orchard Road ada yang menjadi spot terbaik untuk mengisi waktu liburan ini adalah Emerald Hill. Lokasi ini persis dibelakang pusat ekononomi di Singapore ini awalnya sebagai perumahan kelas atas dari Peranakan. Alasan utama mengunjungi lokasi ini adalah pastinya lokasi yang bertetanggaan dengan hutan beton gedung modern di Singapore, dengan waktu pembangunan di era 1900 - 1921 masih terpelihara sampai sekarang ini. Arsitektur gedung dengan campuran antara gaya Barok Cina pastinya sangat sesuai dengan gedung modern membuat anda terpesona dibuatnya. Waktu yang banyak dinikmati oleh turis dan penduduk lokal yang ada waktu senggang sekitar Orchard Road ya nongkrong di sekitar tempat ini.

#8. The Picturehouse.

Alamat: The Cathay Building, 2 Handy Road, Singapore.

MRT: Stasiun Dhoby Ghaut.

Poto credit:tripadvisor.com.sg

Lebih ke bioskop dengan konsep rumah seni yang pastinya memberikan pesona tersendiri. Menurut sejarah didirikan sekitar tahun 1990 sebagai pilihan alternatif untuk melihat film hadir di Singapore dengan konsep seni. Pemutaran film di rumah ini pastinya dapat diandalkan memberikan liburan dengan tema lain, dan telah ada penyelenggaraan festival sebagai apresiasi untuk tema seni yang akan dipentaskan. Bioskop mini dengan satu layar ini mampu memutar hasil karya yang telah tercipta dan pastinya anda memiliki pengetahuan tambahan dan mulai mengetahui seluk beluk seni yang ingin diketahui nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar