Sabtu, 09 Mei 2020

Tips Aman Mudik Dengan Sepeda Motor Ke Kampung Halaman

Memang memakai sepeda motor buat mudik pergi ke kampung page telah poly dipilih sang para perantau karena perkara biaya yang akan dihabiskan dalam bepergian nanti sangat terjangkau bahkan sesuai memakai ekonomi seseorang pegawai kantoran contohnya anda. Tips aman pergi kampung harus anda prioritaskan disaat membawa famili tercinta rela berboncengan lama hingga ke kampung page dalam mudik liburan panjang untuk bersilaturahmi menggunakan famili tercinta disana telah menunggu kedatangan anda. Walaupun pemerintah telah melakukan edukasi pada masyarakat buat mempertimbangkan tidak melakukan perjalanan jauh mudik memakai sepeda motor namun kenyataannya poly sekali perantau permanen pergi kampung menggunakannya karena perkara biaya .

Fenomena pergi kampung menggunakan sepeda motor untuk pulang ke kampung laman tidak sanggup terpisahkan dari Hari Raya Idul Fitri dimana semua keluarga berkumpul bersilaturahmi saling memaafkan pada hari yg sangat krusial ini wajib anda ikuti. Di ketika kehidupan rantau yang masih terbatas memakai porto terpaksa membawa sepeda motor buat menempuh perjalanan yang relatif panjang namun apa daya memang ini lah kesempatan yg bisa dilakukan demi berkumpul beserta keluarga akbar dalam kampung laman. Nah, apabila anda berencana melakukan bepergian pulang kampung menggunakan sepeda motor ke kampung laman di tahun ini, simak tips kondusif ini sebelum anda memulai bepergian.

#1. Pastikan Anda Harus Tidur Minimal 8 Jam.

Pemudik yg membawa motor buat perjalanan jauh ini yang sebagai versus terberat merupakan diri anda sendiri. Apabila fisik anda kuat dan prima maka perjalanan akan terasa enteng, bagaimana dengan kebalikannya syarat mengantuk dan lelah permanen melanjutkan bepergian dampaknya akan sangat beresiko yaitu nyawa anda taruhannya. Selalu prioritaskan anda harus tidur minimal 8 jam sebelum melakukan perjalanan pulang kampung nanti, agar kantuk yang menggila waktu berkendara dapat diminimalisir segera.

#dua. Motor Harus Kondisi Prima.

Perjalanan jauh anda wajib mempersiapkan kondisi tunggangan dalam zona prima, apabila dibutuhkan masuk ke bengkel resmi buat diperiksa semua komponen krusial yang beresiko akan mengganggu bepergian hingga tune up mesin disertai ganti oli. Semua aspek kenyaman anda berkendara harus disempurnakan menggunakan mengecek semua pengapian, kelistrikan, sampai komponen spare part yang sudah aus segera diganti semuanya. Untuk melakukan pengecekan ini anda harus mempersiapkan waktu satu hari

#3. Perlengkapan Penting Berkendara.

Saat perjalanan telah dekat persiapan perlengkapan telah tersedia semuanya seperti helm, sarung tangan, jas hujan, sepatu, jaket, kunci-kunci, dan lainnya. Semua aspek perlindungan harus anda persiapkan termasuk perlindungan kaki dan tangan juga tidak akan lupa. Jadi, driver safety yang akan anda lakukan dimulai dari perlengkapan penting berkendara ini sehingga pengalaman perjalanan nanti masuk dalam kondisi baik dan minim kecelakaan.

#4. Surat Penting Jangan Lupa Dibawa.

Sebagai pemudik yang taat aturan harus membawa surat penting kendaraan seperti STNK dan SIM yang berlaku. Surat penting ini sebagai hal penting karena peraturan yang mengharuskannya. Sebelum anda berngkat dipastikan lakukan pengecekan ulang apakah STNK dan SIM telah masuk dalam dompet, setelah lengkap maka siap melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

#5. Telah Memahami Arti Rambu Lalu Lintas.

Anda harus paham arti rambu lalu lintas yang terpasang di perjalanan nanti. Minimal anda paham rambu yang sering dilihat apalagi di rute perjalanan mudik nanti. Rambu lalu lintas ini sebenarnya untuk memberikan peringatan bagi pengendara sepeda motor untuk segera berhati-hati memasuki beberapa wilayah yang riskan terhadap resiko kecelakaan. Pastikan anda mengerti semua rambu-rambu ini saat anda menanjak, menurun, berbelok, hingga jalan berada di perbuktitan dengan jurang cukup dalam.

Baca juga:

Saat Touring Jangan Pernah Sepelekan Hal Kecil Ini Akan Berdampak Buruk

Anda Hobi Touring Sepeda: Tips Persiapan Lengkap Sebelum Memulai Perjalanan

#6. Selalu Memakai Prinsip Setiap Dua Jam Harus Berhenti.

Fisik saat diatas motor tentu akan cepat capek apalagi berhubungan dengan udara dan terik sinar matahari. Energi anda akan terkuras cepat sehingga kelelahan yang dirasakan pasti cepat terasa. Maksimal perjalanan yang direkomendasikan agar tetap aman selama perjalanan mudik nanti adalah setiap dua jam anda harus berhenti dan istirahat. Rasa capek dan lelah walaupun tidak memuncak tapi anda telah memberikan waktu kepada tubuh untuk rehat sejenak sekaligus memulihkan kosentrasi yang telah terpecah saat mulai perjalanan tadi. Hal yang paling banyak dirasakan adalah tulang punggung belakang terasa pegal karena beban yang telah anda ciptakan cukup kuat sehingga rasa pegal terasa dimulai dari pundak sampai ke tulang ekor.

#7. Pahami Rute Perjalanan Mudik.

Sebelum anda berangkat telah menentukan rute perjalanan mudik yang akan dilalui. Jangan sampai salah rute akan mengakibatkan waktu perjalanan makin bertambah lama. Pilih yang paling minim resiko sangat direkomendasikan jika dibandingkan dengan resiko yang cukup tinggi dengan medan yang berbahaya. Sesuaikan rute ini dengan kondisi sepeda motor dimana saat jalan yang selalu menanjak akan memberikan stress tinggi terhadap kendaraan kesayangan anda, kombinasikan dengan situasi perjalanan nanti agar mesin tetap dalam kondisi prima. Hal yang penting adalah masuk zona macet pastikan rute alternatif telah anda pahami untuk melintas agar macet ini dapat anda taklukan di perjalanan mudik nanti dengan mengaktiftak map online yang sangat mudah dilihat setelah instal aplikasi tertentu.

#8. Berangkat Sepagi Mungkin.

Waktu yang sangat baik memulai perjalanan mudik dengan sepeda motor adalah sebelum Subuh, karena kondisi tubuh masih dalam kondisi prima dan udara masih sangat sejuk dan sehat. Jangan berangkat tengah malam karena rasa kantuk masih sangat tinggi yang akan menghantui anda selama perjalanan nanti. Pastinya faktor keamanan lainnya yaitu di tengah malam masih ada rute yang belum aman dilalui dan masih banyak faktor keamanan yang akan merintangi dan rawan kejahatan. Waktu sebelum subuh dan anda dapat melakukan ibadah di jalan saat perjalanan telah hampir setengahnya. Rasa waktu tidak akan terasa disaat perjalanan sepagi mungkin ini telah menempuh rute yang cukup jauh.

#9. Bawa Barang Bawaan Penting Saja.

Memang menggunakan sepeda motor sangat disenangi dengan biaya yang dipersiapkan sangat terjangkau. Jangan gara-gara ini anda harus membawa barang bawaan sebanyak mungkin agar semua biaya dapat ditekan. Cara seperti ini tentu salah, karena akan membahayakan anda saat diperjalanan nanti. Bawa barang penting saja dan jika anda berlebih dapat anda gunakan jasa ekspedisi untuk cepat sampai terlebih dahulu di kampung halama. Dengan bawaan yang cukup tentu memberikan hal positif tidka membayakan diri sendiri dan pastinya lebih nyaman dalam berkendara.

#10. Jangan Terburu-Buru Sampai Tujuan.

Pastikan anda harus kontrol emosi untuk tetap bersabar membawa kendaraan, jangan terburu-buru ingin cepat sampai tanpa memperhatikan aspek keamanan. Ikuti saja jalan dengan kecepatan yang standar dan pastinya anda dapat memprediksikan jarak aman dengan lawan di depan agar terhindar dari tambrakan mendadak di saat anda lengah. Jarak aman yang direkomendasikan sekitar 3-4 meter di depan dan perhatikan lampu lawan didepan agar anda siap selalu posisi yang baik untuk tetap dalam kondisi aman berkendara.

PERSIAPAN BALIK SETELAH MUDIK.

Waktu bersilaturahmi telah cukup dan persiapan balik kembali ke perantauan segera dilakukan. Jangan lupa anda harus melakukan pengecekan ulang kondisi kendaraan jika ada hal yang dirasa janggal atau tidak nyaman saat berkendara segera lakukan perbaikan sebelum berangkat. Pastikan semua barang tetap cukup dan tidak membahayakan anda saat berangkat ke kota tujuan. Terkadang hal seperti ini terlupakan oleh para pemudik sehingga rasa senang berkumpul lupa bagaimana kondisi kendaraan dan barang yang akan dibawa, tahap untuk kembali balik hampir sama dengan proses diatas. Semoga tulisan ini bermafaat dan mudik menggunakan sepeda motor di tahun ini tetap dalam kondisi baik dan anda terbebas dari resiko yang membahayakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar