Jumat, 18 September 2020

Tips Mudah Bagaimana Cara Mengajukan Cuti Tahunan Agar Disetujui Oleh Bos Atasan Anda

Saat stress telah melanda pastinya anda akan mengajukan perlop tahunan ke atasan bos langsung buat menikmati jatah saat libur yang diberikan agar traveling liburan apapun temanya seperti athun baru, pertengahan tahun, sampai akhir tahun. Waktu liburan sangat krusial sang karyawan kantoran yang sibuk menggunakan rutinitas harian selalu dilakukan menurut Senin-Jumat memakai pola saat nine to five. Waktu pengajuan cuti ini memang harus ada pola & aturan yang sudah ditetapkan sang perusahaan dalam loka anda bekerja agar proses persetujuan yg akan anda dapatkan mampu disetujui tanpa terdapat pertanyaan lagi. Proses ini lah yg selalu berdebar-debar disaat pekerjaan lagi poly-banyaknya tentu menjadi alasan bagi atasan buat menahan persetujuan perlop namun terdapat tips gampang agar perlop tahunan anda disejui sang atasan memakai mudahnya tanpa adanya interview awal sebelum surat diletakan di meja beliau. Berikut penjelasannya:

#1. Anda Selalu Bertanggung Jawab Dengan Pekerjaan.

Dengan komitmen anda sangat tinggi terhadap semua pekerjaan yang telah diberikan menaruh nilai baik bahkan semua departemen yang berhubungan dengan anda sangat puas dengan hasil kerja begitu pula memakai atasan anda sendiri. Bos percaya menggunakan pekerjaan anda

Biasanya anda sudah berkomitmen tinggi seperti ini biasanya bos akan memberikan syarat tertentu saat anda libur yaitu akan menjawab WA, email, atau SMS yang masuk apabila terjadi klarifikasi penting mendesak saat anda tidak ada di kantor. Biasanya bos memberikan persetujuan saat tanggungjawab untuk satu departemen sudah tentu pasti terbagi dalam pekerjaan dan kebetulan pada saat anda cuti terjadi pertanyaan tertentu maka anda siap sedia membantunya.

#2. Sedini Mungkin Cuti Harus Diajukan.

Pastinya proses untuk persetujuan ini membutuhkan waktu yang cukup panjang karena pertimbangan situasi pekerjaan dan keadaan sibuk yang melanda hampir seluruh anggota departemen tempat anda bekerja. Waktu sedini mungkin harus anda masukan surat pengajuan cuti agar atasan bos anda mengetahui kapan jadwal liburan yang akan dilakukan. Tentu saja anda juga harus paham perusahaan mempunyai peraturan yang memberikan persetujuan cuti setelah bos melihat situasi pekerjaan yang berhubungan dengan perusahaan ke depan telah aman dan kondusif. Memilih waktu yang tepat lah cuti anda akan dikabulkan disetujui dengan mudah tanpa adanya pertanyan dan klarifikasi nanti selama anda libur.

#3. Anda Berhak Mendapatkan Hak Cuti Seorang Karyawan.

Setiap karyawan berhak mendapatkan cuti yang telah disediakan setelah syarat dan ketentuan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Setelah anda memberikan kewajiban kepada perusahaan maka perusahaan akan mengabulkan hak karyawan yaitu cuti setelah disetujui oleh atasan. Apabila anda ingin melakukan cuti sebaiknya sebelumnya mengajukan surat alangkah baiknya sebelum itu secara verbal anda sampaikan maksud dan tujuan cuti nanti agar bos bisa mengerti dan tim kerja anda lainnya juga maklum dengan rencana liburan yang akan anda lakukan nanti, agar rekan lain yang ingin melakukan cuti akan bisa menyesuaikan waktunya supaya tidak bertabrakan jadwal yang telah anda inginkan.

Poto oleh: asn.id

#4. Ikuti Aturan Serta Prosedur Perusahaan.

Perusahan mempunyai aturan bagi seluruh karyawan yang ingin mendapatkan cuti karena aturan dan prosedur yang berlaku memang atasan anda yang akan menyetujuinya. Sebagai karyawan yang baik dan mempunyai attitude sebaiknya anda harus pahas prosedur dan aturan yang berlaku jika perlu anda harus menanyakan kepada HRD suapaya keinginan anda untuk mendapatkan cuti tersebut memang layak untuk diberikan. Bisa saja anda bercerita ke rekan sejawat atau senior dari departemen lain untuk mendapatkan informasi mengenai pengalaman pengajuan cuti di perusahaan tempat anda bekerja.

Tidak hanya cuti saja sebagai hak yang harus anda minta tetapi prosedur ini lah yang akan menjadi pertimbangan disetujui oleh atasan seperti anda telah menjadi karyawan masa kerja di atas satu tahun atau bahkan sudah menjadi karyawan tetap sehingga proses cuti anda bisa disetujui.

#5. Bos Adalah Atasan Anda Mendapatkan Persetujuan.

Anda melihat seorang bos atasan anda sangat dekat dengan karyawan lainnya termasuk anda sebagai bawahannya mudah bergaul supel bahkan ramah. Walaupun kondisinya  dia memang atasan anda yang harus mengikuti prosedural pengajuan cuti resmi yang diatur oleh perusahaan. Tetapi anda bisa bercerita bahwa akan berencana memasukan surat nanti saat pengajuan cuti karena dokumen ini lah yang dibutuhkan oleh HRD sebagai dokumen resmi perusahaan yang awal prosesnya dari anda. Nah, walaupun bos anda dekat bersama anda tetapi dia adalah atasan anda yang harus mengikuti pola prosedur yang berlaku dan anda harus mengikutinya. Menghargai dari segi peraturan dan menyenangkan sebagai teman menjadi nilai tambah di lingkungan sosial perkantoran.

#6. Langsung Disetujui Saat Kepentingan Mendadak.

Apabila anda ada kepentingan memdadak dan tidak dapat dihindari tentu bos atasan anda akan menyetujuinya. Kepentingan urgensi memang menjadi alasan tertentu bagi karyawan supaya gaji anda tetap utuh tidak dipotong oleh HRD di akhir bulan. Mendadak urgensi memang akan dipertimbangkan oleh atasan karena dia sudah pasti memahaminya seperti cuti menikah, cuti untuk keluarga, kematian, dan lainnya. Setiap perusahaan akan memberikan dispensasi cukup layak bagi karyawannya agar urgensi ini bisa digunakan sebaik mungkin tanpa ada kekahwatiran lainnya. Tentu cuti urgensi ini tidak akan anda manfaatkan untuk liburan yang tentu akan tidak baik bagi performance anda di kantor jika ketahuan oleh rekan lainnya.

#7. Jika Anda Sakit Cuti Segera Disetujui.

Berbeda dengan anda sakit sudah pasti persetujuan cuti akan langsung disetujui. Selain dari sakit dan urgensi memang proses pengajuannya cukup panjang dan lama karena mengutamakan kepentingan perusahaan menjadi prinsip yang akan diambil oleh seorang pimpinan. Anda jangan sampai berbohong apabila anda sakit saat libur kejepit dan memang ada niat untuk itu sebaiknya anda hindari. Karena performance anda akan dinilai dari kejujuran dan attitude sehingga kebohongan akan terungkap walaupun anda bisa menutupinya dengan alasan apapun.

#8. Momen Pengajuan Tepat Waktu.

Membaca situasi sangat penting membuat momen pengajuan cuti bisa saja langsung disetujui saat bos atau pimpinan dalam suasana bahagia dan senang. Momen seperti ini sebaiknya anda mulai mencoba memasukan surat dengan menjelaskan maksud dan tujuan anda melakukan perjalanan nanti. Dengan memberikan alasan yang sangat kuat bisa saja akan bermanfaat bagi anda dimana liburan ini siap lakukan saat semua pekerjaan penting yang harus dilakukan selesai serta pekerjaan tambahan dari pimpinan juga selesai sebelum waktu dateline yang dia berikan. Momen sangat penting karena akan berdampak pada kemudahan untuk dikabulkannya masa cuti anda sehingga traveling yang anda idamkan bisa dilakukan segera.

#9. Adanya Effort Anda Dari Liburan Cuti.

Mungkin anda tidak sadari bahwa hubungan baik antara bawahan dan atasan memberikan efek baik dalam pengajuan cuti. Pengalaman sudah terasa bahwa saat cuti anda disetuji waktu lalu selalu memberikan sedikit oleh-oleh atau hantaran yang anda beri kepada atasan sebagai berbagi momen liburan anda dalam bentuk benda atau makanan. Efek yang sangat besar sekali karena dengan pemberian yang telah dia dapat sebelumnya tentu memberikan nilai bahagia ya nilai perhatian terselubung sesama rekan kerja walaupun ada levelnya sehingga cuti sekarang agak memudahkan persetujuannya. Jadi saat cuti anda disetujui jangan terlalu pelit dengan oleh-oleh karena dampak nilai dibalik itu semua sangat besar sekali.

Cuti memang hak seorang karyawan kantoran tetapi anda harus mempunyai strategi untuk mendapatkannya dengan mudah. Jadilah karyawan yang mempunyai reputasi baik di mata perusahaan dengan menyelesaikan semua pekerjaan utama departemen anda dengan baik sesuai dengan dateline yang telah diberikan. Apabila keseluruhan performance anda baik tentu saja atasan bos anda tidak akan menolaknya bahkan mengijinkan anda untuk cuti liburan. Pastikan peraturan dan momen yang tepat juga harus menjadi perhatian karena kedua komponen ini juga ada pertimbangannya. Jadi liburan yang anda inginkan bisa terwujud dengan baik pastikan seluruh tahap ini bisa menjadi pertimbangan atau informasi bagi anda agar supaya suti bisa disetujui di cuti liburan yang sudah akan masuk dalam itinerary perjalanan anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar