Pengalaman ini tentu terasa ketika melakukan perjalanan beberapa waktu kami inging memberikan pada rekan seluruh yang kami rangkun ada beberapa attitude seseorang penumpang yg berkelakuan buruk menjadi akibatnya mengganggu ketenangan penumpang lain menyebabkan rasa jengkel melihatnya
#1. Salah Duduk Bukan Nomer Kursi Sesungguhnya.
Memang sangat lucu sekali ada penumpang yang masih kekeh ingin duduk di pingir jendela tetapi di boarding pass yang tertera tidak menyatakan bahwa dia berhak duduk disana. Pengalaman ini kami melihat adanya penumpang yang masih membandel dan ingin diganti tempat duduknya sehingga terjadi pertengkaran mulut antar penumpang lain menyebabkan proses masuk penumpang menjadi tertunda memakan waktu yang sangat lama. Bahkan pertengkaran ini sangat alot sekali sehingga harus mendatangkan security atau polisi bandara untuk menengahkan mereka berdua dan penumpang yang salah dipindahkan ke lokasi tempat duduk lain yang kosong untuk tidak terjadi pertengkaran kembali saat pesawat berangkat.
#2. Ruang Kabin Penuh Dengan Barang Pribadi.
Kondisi ini terjadi saat satu area penumpang yang duduk ada satu keluarga besar terselip satu penumpang lain duduk berdampingan, saat meletakan barang di kompartemen diatas tempat duduk telah penuh dan terpaksa penumpang ini meletakan barang pribadinya di lokasi berbeda agak jauh dari tempat duduk. Fenomena ini sangat sering terjadi seperti menguasai satu lokasi untuk barang bawaan sehingga mengabaikan bahkan merugikan penumpang lain yang terkadang akan terjadi salah paham dapat saja terjadi. Apabila kasus seperti ini terjadi pada anda tentu akan membuat perjalanan tidak nyaman dan bahkan bisa muncul gesekan saat penerbangan nanti.
#3. Salah Memilih Tempat Duduk Mengganggu Penumpang Lain.
Situasi lain juga terjadi saat penumpang yang salah memilih tempat duduk saat check in di konter mendapatkan kursi yang sangat sempit sehingga posisi lutut kaki menempel ke kursi penumpang depan efeknya kenyamanan kedua penumpang ini muncul saat setelah pesawat take off terjadi gerakan yang tidak nyaman membuat penumpang lainnya merasakan ketidaknyamanan lain saat duduk. Fenomena ini juga pernah terjadi dimana saat berada di atas pesawat muncul pertengkaran kecil seperti teguran akan memberikan rasa tidak nyaman saat perjalanan baik kedua penumpang ini juga penumpang lain yang mendengarkannya. Khusus bagi anda yang mempunyai tinggi lebih dari rata-rata sebaiknya memilih tempat duduk di sekitar area emergency yang mempunyai leg room yang cukup luas sehingga kenyamanan bisa didapatkan tidak mengganggu penumpang lainnya.
#4. Meremehkan Semua Instruksi Pramugari Perihal Keselamatan.
Petunjuk keselamatan ini tetap harus diperhatikan walaupun sangat sering didengar, ada rasa bosan dan sebagainya sehingga anda mengacuhkannya. Peraturan keselamatan ini sudah termasuk hal yang sangat prinsip keselamatan penumpang yang secara berkala akan selalu diingatkan seperti penumpang yang lupa pakai sabuk pengaman, penutup jendela lupa dibuka, hingga meja kecil di depan penumpang masih juga terbuka sehingga teguran ini selalu disampaikan mengakibatkan penumpang lain menjadi jengkel melihat attitude penumpang membandel kampungan seperti ini.
Poto oleh: dallasnews.com |
#5. Membandel Masih Menggunakan Handphone.
Setelah duduk dan pesawat sudah akan take off masih ada penumpang yang membandel masih saja menggunakan handphone dan berkomunikasi. Cabin crew telah melarang untuk menyuruh mematikan tetapi masih saja membandel. Menurut peraturan menggunakan handphone dengan posisi masih terhubung dengan sinyal provider atai internet akan mempengaruhi komunikasi pilot dengan menara pengawas. Apabila pilot terjadi kesulitan berkomunikasi dengan petugas maka pesawat tidak akan diijinkan terbang karena gara-gara anda jadwal keberangkatan akan tertunda beberapa waktu dan akan merugikan seluruh penumpang termasuk anda. Jadi, pastikan handphone harus sudah posisi flight mide atau posisi sign off agar kenyamanan penerbangan bisa menjadi maksimal dan sesuai dengan jadwal take off.
#6. Lupa Membawa Ballpoin Saat Traveling.
Sangat konyol sekali traveler lupa membawa ballpoin atau pena untuk menulis saat cabin crew membagikan kertas imigrasi kedatangan di atas pesawat. Jika lupa membawa berarti akan meminjam ke penumpang lain bahkan ke pramugari tentu saja akan memberikan citra tidak baik. Mengisi kertas imigrasi ini sebagai hal yang sangat penting dan anda harus mengisi serinci mungkin dan sejujur mungkin. Jika tidak membawa ballpoin berarti anda tidak mengisi mengakibatkan anda tertahan di pintu masuk imigrasi negara tujuan. Pastikan anda telah menyiapkan sebelum berangkat telah masuk dalam berkas di dokumen perjalanan.
#7. Menggunakan Handphone Tidak Sepatutnya.
Memang ada penumpang lain yang menggunakan handphone sangat massive sekali, setelah pesawat take of selama perjalanan mendengarkan musik dengan volume suara tinggi sehingga terjadi keributan dengan penumpang lain yang butuh ketenangan saat perjalanan. Memang posisi hanphone sudah dalam status flight mode tetapi aktifitas berlebihan seperti ini membuat ketidaknyamanan dengan ulang penumpang ini menjadi tidak menentu sehingga terjadi cuitan yang tidak mengenakan yang bisa saja terjadi dan didengar tidak pantas. Gunakan handphone sepatutnya dan jika harus mendengarkan suara sebaiknya pakai handsfree agar penumpang lain tidak terganggu.
#8. Membuang Sampah Sembarangan Setelah Makan.
Ada juga pesawat udara yang memberikan makanan dan minuman ringan selama penerbangan, dan sampah bekas pembungkus dibuang sembarangan di sekitar lokasi kursi bahkan di tempat simpan di depan tempat duduk dengan terjatuhnya sisa makanan yang seharusnya dirapihkan oleh penumpang yang bersangkutan. Tidak peduli dengan kebersihan ini tentu saja membuat penumpang sebelah akan terasa terganggu dan masa bodo dengan attitude yang seharusnya diperhatikan. Dalam jeda waktu tertentu cabin crew akan berkeliling untuk mengumpulkan sampah agar kondisi pesawat tetap bersih dan nyaman.
#9. Meminta Bantuan Ke Cabin Crew Angkat Barang Ke Tempat Penyimpanan.
Sangat tidak etis bahwa seorang penumpang yang membawa barang tentengan untuk meminta bantuan ke cabin crew mengangkat masukan ke tempat penyimpanan barang yang sebenarnya bukan pekerjaan mereka. Pramugari atau cabin crew hanya mengarahkan dan memberitahukan agar semua peraturan saat penumpang sudah berada di dalam kabin pesawat telah mengikuti dengan baik dan benar bukan mengangkat barang. Semua barang yang dibawa penumpang merupakan tanggung jawa penumpang termasuk mengangkat dan memasukan ke tempat yang telah disediakan.
#10. Penumpang Buru Keluar Saat Pesawat Belum Berhenti Smepurna.
Setelah proses landing masih berlangsung ada juga penumpang yang terburu-buru keluar dan pesawat masih jalan langsung lepas sabuk pengaman dan mencoba membuka tempat penyimpanan barang supaya bisa di baris terdepan untuk turun. Pelanggaran ini pernah terjadi dimana penumpang ini masih kekeh dan mendapat teguran keras oleh cabin crew untuk tetap duduk sampai pesawat telah berhenti sempurna. Kejengkelan ini juga dirasakan oleh penumpang lainnya melihat kelakuan penumpang yang mau enak sendiri tanpa menghiraukan peraturan yang harus diikuti.
Menurut kami pengalaman melihat attitude tidak baik seperti ini yang banyak dialami saat naik dan saat berada di kabin pesawat telah membuat kejengkelan seluruh pihak akibat ulah oknum penumpang yang seenaknya dewe tanpa menghiraukan peraturan dan kenyamanan penumpang lainnya. Semua peraturan yang ada dipenerbangkan merupakan cara untuk menertibkan dan memberikan kenyamanan seluruh penumpang tetapi masih saja ada oknum penumpang yang tidak mau diberitahu hingga berbuat seenaknya membuat perjalanan nanti tidak nyaman bahkan gondok sepanjang waktu di atas pesawat. Semoga bermafaat dan semoga pengalaman seperti ini tidak terjadi di penerbangan anda nantinya sehingga periode traveling anda tetap dalam zona nyaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar