Rabu, 01 Juli 2020

Mendaki Gunung Di Musim Hujan Khusus Bagi Anda Yang Masih Juga Kekeh Ingin Pergi: Simak Tips Penting Ini

Mendaki-gunung-dalam-demam isu-hujan, kenyataan hobi suasana contohnya ini akan mereka tempuh demi terlaksananya cita-cita yg menggelora & tidak bisa dihambat. Begitulah apabila telah berdasarkan hati ingin melakukan segala sesuatu akan niscaya pengorbanan apapun akan tidak peduli demi kepuasan batin yg selama ini ditunggu wajib segera dilakukan apapun rintangan yg akan menghalangi, ibarat pepatah telah jatuh cinta tentu samudera akan diseberangi gunung akan di daki. Pecinta alam, mahasiswa pecinta alam, hingga turis pecinta mendaki gunung sekalipun akan memilih apapun musimnya tentu memiliki keasikan tersendiri & teknik mendaki gunung tentu punya skill eksklusif juga segera dilakukan eksplor keindahannya sekarang juga. Konsekwensinya yang paling langsung dirasakan adalah beban yang akan dibawa tentu akan lebih berat jika dibandingkan memakai trend kemarau. Plesirankotatua ingin menyebarkan tips bagi anda yg sangat membandel sekali juga ingin pulang mendaki-gunung-di-demam berita-hujan, simak tips ini baik-baik sebelum berangkat:

#1. Persiapan Barang Bawaan Telah Bungkus Rapi Plastik.

Perlengkapan barang bawaan yang telah dipersiapkan wajib segera di bungkus dengan plastik supaya sanggup terhindar berdasarkan basah hujan saat deras ketika akan melangkah dimulai dari pintu rimba. Jenis plastik yang tersedia pada pasaran tentu sangat poly pilihan jenis plastik yg tidak gampang robek dan lebih baik rapat udara supaya setiap sudut yang terlipat masih sanggup terlindungi semua isian barang bawaan sebagai akibatnya aman berdasarkan basah air. Perhatikan, setiap bungkus plastik harus diubahsuaikan mana sandang, logistik, sampai perlengkapan gadget

#2. Gunakan Pakaian Cepat Kering Hangat Dan Tebal.

Suasana hujan tentu saja akan terasa dingin apalagi di daerah pegunungan. Hembusan angin jangan ditanya lagi pasti akan sangat terasa bagaikan menusuk tulang. Fenomena di musim hujan akan banyak terjadi aktifitas alam seperti ini dan anda sebagai pendaki harus mempersiapkan pakaian cepat kering dan harus terasa hangat di badan serta tebal. Untuk menciptakan aktifitas nyaman selama mendaki gunung seperti ini anda harus memperhatikan perlengkapan ini, kalau salah akan memberikan efek berat dan memperburuk fisik saat mendaki nanti sudah akan pasti tidak nyaman.

#3. Perbekalan Logistik Makanan Cukup Selama Mendaki.

Sangat penting di suasana dingin dan hujan perut akan cepat terasa lapar dan anda harus bisa mengukur berapa banyak logistik makanan yang akan dibawa dan dipersiapkan. Jenis makanan bisa anda sesuaikan dimulai dari susu sachet, makanan mengenyangkan bergizi, serta sangat mudah dibawa nanti. Memang untuk masalah makanan agak sedikit lebih banyak jika dibandingkan dengan musim kemarau tetapi bisa disiasati dengan baik agar selama mendaki nanti anda tidak kelaparan dan hipotermia.

#4. Jas Hujan Hingga Kupluk.

Udara dingin dan selalu hujan harus mempunyai persiapan yang matang lainnya yaitu jas hujan hingga kupluk. Segera dipakai saat memasuki pintu rimba karena hujan datang tiba-tiba akan pasti merintangi perjalanan mendaki nanti. Bayangkan jika anda tidak memakai jas hujan di saat hujan datang tiba-tiba akan memberikan kerepotan tersendiri dan butuh waktu lama lagi untuk memakainya. Begitu juga dengan kupkuk harus segera dipakai di saat udara sudah menusuk leher segera dipersiapkan agar bisa terhindar dari hipotermia dimulai dari sekitar area kepala.

#5. Pilih Rute Pendakian Tidak Membahayakan.

Hampir semua rute mendaki membahayakan tetap ada beberapa rute pendakian gunung tidak ekstrim membahayakan bagi pendaki. Anda bisa teliti dari sekarang rute gunung yang mana tidak ekstrim dan masih relatif mudah untuk dilakukan ekspedisi. Jangan sampai salah pilih, karena rute akan selalu menjadi perhatian utama karena untuk sampai ke puncak harus lebih cepat agar waktu yang anda persiapkan cukup di musim hujan ini.

#6. Selalu Pantau Kondisi Cuaca Di Sekitar Pegunungan.

Saat sekarang ini sudah sangat mudah melakukan pengecekan kondisi cuuaca melewati smartphone, dengan begitu anda sudah bisa mempersiapkan perjalanan mendaki gunung lebih baik. Cuaca juga sangat penting saat anda akan menuju ke lokasi pos karena akses menuju kesana tentu saja harus menggunakan transportasi tambahan yang kadang dimusim hujan lebih sedikit dari pada musim kemarau. Tidak hanya itu saja, akses kesana harus melewati bukit yang bisa saja longsor akibat hujan deras sehingga jalan utama terputus. Fenomena ini harus anda baca dari sekarang agar waktu yang telah dipersiapkan ini memang tepat dan efisien.

#7. Ikuti Arahan Petunjuk Dari Petugas Pintu Rimba.

Yang paling mengetahui rute perjalanan dan kondisi pegunungan memang petugas pos di pintu rimba yang mencatat semua lalu lintas para pendaki. Setiap pendaki di data dan identitas harus lengkap karena akan selalu dilakukan pengecekan ulang saat pendaki kembali lagi di pos untuk melapor. Jika di saat musim hujan memang sangat tinggi dan apabila petugas melarang untuk mendaki anda harus manut dan mengikuti karena petugas sudah mengetahui dengan pasti di rute mana yang sangat berbahaya untuk didaki dengan pijakan tanah yang sangat licin dan berbahaya. Pastikan arahan dari petugas harus anda patuhi agar pendakian tetap berjalanan dengan aman dan menyenangkan.

#8. Pilih Sepatu Khusus Mendaki Gunung Dengan Sol Tebal Cengkaraman Kuat.

Jangan pernah salah pilih sepatu khusus untuk mendaki gunung harus mutlak dilakukan agar pijakan tanah yang basah tentu akan menyulitkan anda untuk melangkah. Sepatu khusus ini sangat direkomendasikan karena akan membantu perjalanan treking lebih nyaman dan cengkaraman kuat harus diutamakan. Bayangkan jika anda salah pakai sepatu seperti sepatu olah raga biasa tentu akan mudah terjatuh slip yang akan membahayakan kondisi keselamatan.

#9. Jangan Pernah Mendaki Gunung Sendirian.

Rekomendasi terbaik untuk mendaki gunung harus bersama rombongan jangan perbah terpikirkan untuk mendaki sendirian. Bahaya sendiri tentu menjadi alasan paling utama, mendaki gunung butuh kerjasama untuk sampai ke puncak solusi terbaik untuk tidak tersesat hingga saling membantu dalam sebuah misi ekplor pecinta alam. Banyak sekali keuntungan apabila anda melakukan perjalanan bersama-sama lebih terasa enjoy hingga kesulitan menjadi lebih mudah karena banyaknya bantuan dari anggota lain. Pilih rombongan yang bisa saling kerjasama untuk sebuah misi pendakian gunung.

#10. Bawa Obat Jika Dibutuhkan.

Perlunya persiapan obat untuk diri sendiri atau rombongan harus diperhatikan, obat yang umum terjadi di musim hujan adalah batuk hingga masuk angin dan lainnya dirasa penting. Obat lain seperti P3K sudah tentu pasti dibawa didampingi dengan obat penting lainnya sehingga perlengkapan obat yang direkomendasikan oleh para pendaki profesional jangan terlupakan saat ekspedisi pendakian nanti.

Sebagai akhir artikel ini menjadi hal paling banyak diajak oleh rekan pendaki lainnya termasuk kami adalah jangan membuang sampah sembarangan dari bungkusan maksanan atau minuman anda. Perilaku yang tidak terpuji dan merusak alam, karena alam telah berbaik menyambut anda dengan keasliannya dirusak dengan sampah. Jika ini berlanjut akan menjadikan alam pegunungan tempat samaph yang akan menjauhkan dari keasrian alam. Jaga kebersihan ini harus ada kerjasama dari sesama pendaki gunung, dimulai dari diri sendiri. Bawa kembali sampah anda kembali sampai ke pintu masuk rimba yang telah disediakan oleh petugas. Atensi lain juga harus diperhatikan jangan pernah merusak alam baik mematahkan pohon, corat-coret dingin batuan, dan semua aktifitas lainnya harus dihindari. Semoga mendaki-gunung-di-musim-hujan yang diimpikan bisa dilakukan dengan baik dan selalu waspada jika cuaca sudah ekstrim sekali jadwal pendakian sebaiknya diundur dan pilih waktu yang paling tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar