Rabu, 24 Juni 2020

Etiket Sopan Santun Saat Anda Memilih Hostel Dorm Asrama: Lakukan Tips Ini Sebelum Anda Memasuki Lingkungan Yang Sangat Disukai Traveler Karena Hematnya

Anda berencana menentukan hostel tipe dorm asrama buat traveling nanti pastikan etiket sopan santun saat memakai ruangan ini buat istirahat masih ada beberapa poin tips yang harus diketahui supaya seluruh pengalaman bepergian liburan nanti sebagai zona nyaman yg anda inginkan. Memang etiket sopan santun ini merupakan pengalaman yg sangat baik dapat di sharing kepada sahabat semua yg mempunyai rencana menginap di hostel tipe dorm asrama ini pada waktu budget bepergian yang sangat minimal

#1. Saling Sapa Walaupun Hanya "Hi atau Hello".

Percakapan yang sangat lazim bagi traveler yang baru mengenal menyebutkan kata "hi atau hello" sebagai cara terbaik awal tercipta rasa senang berkenalan hingga terjadi percakapan singkat di saat yang tepat. Kata ini lah yang menjadi cara untuk mengetok pintu perkenalan sesama pengguna hostel tipe dorm asrama dan telah menjadi sopan santun etiket yang banyak dilakukan agar dapat mengetahui siapa saja traveler yang menggunakan tipe kamar ini dan anda harus mengetahui karakter mereka dimulai dari ucapan ini. Walaupun berasal dari negara manapun di dunia ini yang kebetulan memilih tipe kamar yang sama maka anda harus mengenal walaupun hanya ucapan kata yang mudah tetapi sangat banyak manfaatnya.

#2. Ruangan Relatif Sempit Untuk Kepentingan Satu Asrama.

Perlu diingat bahwa saat memasuki kamar hostel dorm asrama ini terlihat satu tempat ada beberapa tempat tidur bertingkat yang digunakan untuk seluruh tamu traveler dan pastinya etiket sopan santun akan tercipta. Seperti perilaku saat setelah selesai mandi anda menggantung handuk agar cepat kering yang harus digantung di posisi tempat anda tidur atau menyimpan barang bawaan di bawah bed serta saling memberikan kesempatan untuk berjalan disaat traveler lain melangkah di posisi area tempat anda tidur. Memang ruangan yang sebagian traveler sempit ini harus mengetahui etiket tertentu agar tercipta sopan santun.

#3. Selalu Budayakan Antri Menggunakan Kamar Mandi.

Ini yang harus diketahui saat memilih hostel tipe kamar dorm asrama dimana saat menggunakan kamar mandi harus antri dan pastikan anda mengetahui di nomer antrian berapa saat keluar kamar. Karena sebuah etiket dan sopan santun agar terjadi kenyamanan sesama penghuni kamar maka anda jangan sampai salah dan selalu lihat traveler yang telah antri dan belum saat akan menggunakan kamar mandi untuk bersih badan sebelum perjalanan ke tempat wisata dimulai.

#4. Dorm Asrama Dapat Menjadi Menyenangkan Atau Tidak Sama Sekali.

Anda harus memahami bahwa saat memilih tempat menginap yang sangat digemari oleh para traveler backpacker memang sangat standar berbeda dengan luasnya ruangan kamar anda di rumah. Kesempatan terbatas untuk menggunakan ruangan kamar memang teruji dan bisa terwujud menyenangkan atau tidak sama sekali. Pastikan anda mempunyai jiwa mudah nerimo apapun keadaanya serta seluruh kemungkinan yang akan terjadi di kamar nanti saat istirahat, memang ini lah yang akan dirasakan hampir seluruh traveler backpacker. Maka untuk memberikan kenyamanan yang akan dirasakan merata seluruh tamu yang menginap saat itu ya etiket dan sopan santun sebagai alat yang harus dilakukan.

#5. Jangan Makan Dalam Kamar Selesaikan Di Ruangan Makan.

Memang inilah yang harus dijaga, ruang bersama menjadi perhatian karena aroma makanan serta butiran sisa yang bisa saja tertumpah akan mengakibat ketidaknyamanan bagi tamu lain pad saat itu tidak menyukai bau yang anda buat. Butiran sisa makanan yang mungkin mengundang semut dan serangga lainnya dapat menyebar ke seluruh kasur tamu lainnya harus tetap pasti di perhatian. Dan yang menjadi akibatnya rata-rata ruangan dorm asrama ini ber AC, maka udara yang terkontaminasi dengan aroma makanan akan terus berputar dan akhirnya memberikan bau yang tidak kunjung hilang sampai pintu jendela harus dibuka. Jika ingin konsumsi makanan juga harus menuju ke ruang makan yang telah disediakan dan pastikan seluruhnya telah habis sampai di kamar hanya aktifitas tidur saja untuk menjadi ketenangan bagi tamu lainnya.

#6. Suara Dengkuran Lakukan Hal Ini.

Memang sangat terganggu mendengar suara dengkuran tidur yang sangat keras terdengar disaat traveler lain tidur seperti irama suara satu suara dua menyebabkan anda tidak dapat tidur dengan pulas. Apa yang harus anda lakukan? Memang saat tidur seperti ini apalagi di ruangan bersama akan terganggu sekali dan dapat meminta bantuan kepada resepsionis agar bertukar kamar jika diperlukan. Bagaimana semua kamar sudah terisi penuh? Solusinya anda harus menyediakan dari sekarang penutup telinga yang biasa digunakan oleh traveler di pesawat udara tapi saat itu dipakai saat anda tidur. Memang tidak banyak berbuat disaat seperti fenomena seperti ini anda harus mengalah dengan solusi yang terbaik untuk anda tetap bisa tidur.

#7. Pilih Sesuai Dengan Keinginan Jenis Hostel Dormitory Anda.

Memang sebelum memilih hostel anda harus searching terlebih dahulu jumlah kamar yang tersedia untuk satu asrama. Sekarang ini telah tersedia satu asrama dengan hunian maksimal empat orang dan hindari dormitory dengan kamar melebihi dari rekomendasi ini. Semakin banyak jumlah bed yang disediakan tentu akan semakin banyak pula kejadian yang tidak menyenangkan saat tidur nanti. Lihat fasilitas pendukung terbaik untuk setiap traveler dan ingat referensi dari traveler saat anda membeli di online perlu diperhatikan karena dari komentar mereka lah yang akan memberikan nilai positif lainnya yang tidak anda ketahui tetapi mereka telah mendapatkan pengalaman saat pilih hostel tersebut.

#8. Menggunakan Fasilitas WIFI Saat Di Kamar.

Menjadi perhatian penting saat anda menggunakan fasilitas internet yang tetap terkoneksi dengan media sosial atau terhubung dengan sahabat dan keluarga di negara asal tentu etiket sopan santun yang harus diingat. Di saat semua traveler tidur lelap karena kecapekan setelah traveling seharian butuh waktu cukup istirahat anda jangan melakukan aktifitas yang mengeluarkan suara kegaduhan terutama ketawa terbahak-bahak hingga miring kiri dan kanan mengeluarkan suara yang cukup keras. Jika seandainya anda diberlakukan seperti itu akan merasakan hal yang sama yaitu merasa terganggu. Pastikan etiket ini selalu dipraktekan saat telah berada di dalam kamar agar zona nyaman semua tamu dapat tercipta dengan baik.

credit: booking.com

#9. Selalu Perhatikan Menggunakan Colokan Saat Charging.

Tentu saja tidak semua negara tujuan yang menjadi destinasi wisata anda mempunyai colokan listrik yang sama dan diperlukan ekstensi alat supaya dapat digunakan saat baterai telah habis sempurna. Slot ini sangat penting dimana dalam satu kamar tidak tersedia banyak maka anda harus memperhatikan gadget saat charging dan pastikan giliran untuk menggunakan tetap terjaga. Dengan andanya etiket menggunakan colokan ini terjaga maka semua kebutuhan charging dapat anda dapatkan. Apabila semua penuh dan tidak ada kesempatan hanya satu cara, anda harus ke ruangan lobi yang tersedia banyak dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

#10. Selalu Sharing Apa Yang Seharusnya Dibagi.

Mungkin anda lupa saat sharing sesuatu yang anda miliki akan berdampak sangat baik untuk sebuah pertualangan perjalanan liburan. Dengan berbagi apapun bentuknya apakah makanan atau oleh-oleh dari Indonesia kepada traveler dari belahan dunia akan memberikan sebuah memori yang tak akan terlupakan. Dimulai dari empati etiket seperti ini saja anda telah mendapatkan seorang teman baru mungkin saja dapat bermanfaat di masa yang akan datang sebagai net working. Dengan berbagi itu juga anda juga terhubung dengan sosmed tentu akan saling tukar akhirnya menjadi teman traveler. Apapun bentuk sharing berbagi merupakan cerminan sebuah perhatian walaupun nilainya tidak seberapa tetapi dampaknya sangat luar biasa untuk perjalanan hidup anda kelak.

#11. Sopan Santun Mematikan Lampu.

Menjadi perhatian disaat etiket mematikan lampu harus diketahui oleh traveler. Rata-rata traveler banyak bangun menjelang siang dan pastinya lampu yang dipakai harus dimatikan di saat traveler masih tidur dan gunakan lampu flashlight anda disaat harus check out awal agar tidak mengganggu traveler yang masih tidur nyenyak. Sopan santun mematikan lampu ini harus dipahami karena rata-rata taveler tidak menyukai cahaya lampu di pagi hari disat mereka masih dalam suasana tidur.

#12. Selalu Bersihkan Dapur Setelah Dipakai.

Untuk hostel kelas dormitory asrama tersedia dapur yang dapat dipakai untuk aktifitas masak atau memanaskan makanan. Kebersihan alat yang telah digunakan harus dikembalikan lagi seperti semula dan harus dicuci semua alat yang telah dipakai diletakan di tempat semula. Etiket sopan santun seperti ini telah berlaku mutlak karena semua fasilitas yang disediakan bukan untuk diri anda sendiri tetapi hampir seluruh tamu yang menginap di hostel ini.

#13. Pastikan Kebersihan Kamar Mandi Harus Dijaga.

Kebersihan kamar mandi saat digunakan harus dijaga karena empati ke seluruh traveler kelas asrama menggunakan fasilitas bersama. Semua kebersihan yang harus diperhatikan seperti jangan adanya busa sabun atau shampo yang masih ada di lantai, sampah harus dimasukan ke tong sampah yang telah disediakan, dan matikan air setelah digunakan. Sopan santun etiket yang sangat mudah dilakukan dan menjadi perhatian bagi seluruh traveler ini akan memberikan kenyamanan bagi seluruh tamu dan pekerjaan ini dimulai dari diri anda.

#14. Semua Paking Dilakukan Sebelum Tidur.

Saat anda berbenah-benar tas backpack untuk kembali pulang ke Indonesia pastikan paking semuanya dilakukan sedini mungkin jangan pada malam hari disaat semua traveler terlelap tidur. Tentu saja suara berisik yang anda timbulkan ini akan mengganggu mereka tidur dan akan terjadi keributan yang tidak menyenangkan diantara sesama traveler. Pastikan anda memperhatikan hal ini yang merupakan sopan santu etiket yang tidak tertulis dan telah menjadi perhatian traveler yang menggunakan kamar jenis hostel dorm asrama.

#15. Jangan Gunakan Kantong Plastik Saat Paking.

Hindari kantong plastik di saat anda akan melakukan paking perlengkapan saat malam menjelang. Karena kantong plastik sangat berisik sekali saat disentuh sedikit saja akan membuat traveler lain yang sedang istirahat merasa terganggu. Apabila anda menggunakan kantong plastik juga sebaiknya dilakukan di saat kamar sudah sepi tidak ada traveler yang sedang istirahat. Menghargai untuk tidak berisik sangat diapresiasi karena anda berada di ruangan yang dihuni oleh beberapa traveler.

#16. Hindari Keributan Saat Ada Acara Bersama.

Memang suara bising dan berisik selalu menjadi perhatian penting. Seperti acara bersama yang banyak tepuk tangan hingga ketawa harus direm segera karena akan mengganggu tamu lainnya yang sedang menggunakan fasilitas kamar atau di ruangan bersama. Menggunakan musik atau semua yang mengeluarkan suara kegaduhan tetap diminimalisir karena akan menimbulkan keresahan yang mengakibatkan pertentangan bagi tamu lain yang sedang istirahat. Pastikan anda harus menahan diri agar menjaga etiket sopan santun sesama traveler agar tercipta kenyamanan bersama.

Saat sekarang ini hostel yang menyediakan kamar dorm asrama sudah mulai menerapkan peraturan seperti ini agar kenyamanan semua traveler tetap terjaga, tetapi ada beberapa peraturan yang tidak tertulis dan hanya sopan santun etiket saja yang diharapkan. Karena melakukan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk anda dan seluruh tamu memang tidak perlu diajarkan karena traveler semua telah dewasa dan mengerti maksud dan tujuan saat menggunakan fasilitas bersama. Pastikan semua kenyamanan yang anda rasakan juga dirasakan oleh traveler lain pastinya semua ini dibawa ke diri masing-masing, jika hal tersebut terjadi pada anda sudah tentu pasti sama yang akan dirasakan saat ketidaknyamanan didengar apalagi kegaduhan. Semoga bermanfaat etiket saat anda berada di hostel kelas dorm asrama menjadi sebuah sopan santun yang harus dipahami agar kenyamanan traveling dapat terwujud seutuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar