Di zaman now ini muncul peluang usaha usaha sebuah barbershop pria menjadi peluang usaha dengan prospek yang sangat indah sesudah anda memperhatikan analisa resiko terhadap biaya pendirikan apakah sinkron menggunakan peluang pasar yg akan anda ciptakan. Barbershop laki-laki ini pada kota akbar sudah mulai banyak tetapi dalam beberapa kota lainnya masih sanggup tumbuh. Berdasarkan konsep yang akan anda buat tentu akan membuat konsumen pria yang akan mencoba jasa gunting rambut semi terbaru ini menjadi setia tiba berdasarkan ketika ke ketika.
Poto oleh: thisisthebarbershop.Com |
KONSEP BARBERSHOP PRIA.
Sebagian pria ingin dimanjakan menggunakan pelayanan yang maskulin dimulai dari gunting rambut, cuci, relaxasi, bahkan treatment perawatan kulit jua mulai diincar. Mungkin loka yg representatif yang bisa digunakan oleh seseorang pria ini nir sama menggunakan salon wanita yg jua melayani kebutuhan pria . Namun, anda tahu sendiri seseorang laki-laki maskulin tentu akan merasa malu atau risih menggunakan perlakukaan yg tidak disukai akan sebagai penghalang buat datang kesana. Dengan ide barbershop laki-laki yang tujuan utamanya gunting rambut menjadi peluang pasar bisnis yg bisa anda tekuni menjadi UKM yg sanggup anda jadikan sandaran biologi dikemudian hari.
ANALISA BUKA BARBERSHOP.
Sebuah bisnis harus anda analisa dahulu memakai beberapa poin krusial sebelum memulainya. Analisa usaha sangat perlu menjadi tahap planning buat menyingkronkan peluang pasar yang akan anda bentuk. Barbershop laki-laki yang saya maksud disini tidak selaras menggunakan gunting rambut konvensional biasa, bisnis ini meliputi tingkat ketenangan dan jasa lainnya yang bisa konsumen dapatkan tidak hanya sebuah tempa gunting rambut. Ada beberapa poin yang wajib anda cermati sebelum memulai.
1. Analisa Peluang Barbershop.
Anda harus melihat peluang barbershop laki-laki ini yg akan berdiri dalam suatu wilayah atau kota. Peluang maksudnya, anda wajib memiliki data awal berapa poly barbershop laki-laki yang telah hadir dalam wilayah tersebut. Jika anda melihat masih ada peluang atau masih belum ada pemain yang telah memulai barbershop ini anda mampu merogoh langkah untuk membukannya.
2. Lokasi Barbershop.
Barbershop yg anda dirikan ini tentu tidak selaras dengan tukang gunting rambut biasa bisa dikatakan menengah kebawah. Anda harus memposisikan diri sebagai loka buat gunting rambut
3. Infrasturkur Gedung Barbershop.
Setelah anda menentukan lokasi tempat berdirinya maka anda akan menentukan ruko atau rumah sebagai model barbershop pria. Infrastruktur gedung ini sangat penting sebagai image bisnis yang akan anda bentuk. Apakah model konvensional, kuno, metroplitan, urban, atau campuran. Seluruh infrastuktur ini sebaiknya di design baik agar pelanggan anda mengetahui bahkan barbershop ini sangat layak untuk dipilih sebagai tempat untuk merapikan penampilan.
4. Aset Barbershop.
Perlengkapan seluruh barbershop harus anda persipakan dimulai dari berapa kursi yang akan anda beli beserta alat-alat penunjang lainnya. Seluruh aset ini disesuaikan dengan paket yang akan anda tawarkan kepada pelangga seperti perawatan cuci rambut, hair dryer, ataupun bahan lainnya untuk teatment rambut. Pada poin ini anda harus meneliti apakah seluruh aset ini telah anda lengkapi sesuai dengan kapasitas bisnis yang akan berjalanan nanti. Jika anda merasa berat untuk membeli barang-barang tertentu barbershop anda bisa membeli barang second seperti tempat duduk, kaca, kursi tamu, dsb.
5. Tenaga Kerja.
Jika anda bisa melakukan bisnis ini dengan keterampilan gunting rambut dengan berbagai gaya terkini anda bisa siapkan lokasi khusus anda untuk memberikan jasa terbaik untuk pelanggan. Jika berjalannya waktu anda bisa menambah jumlah tenaga kerja lainnya apabila jumlah pelanggan telah banyak. Proses ini akan terus berjalan, apabila ada pelanggan anda meminta treatment lainnya seperti jasa relaxasi, cuci rambut, atau treatment khusus kulit bagi pria anda bisa hire tenaga terlatik untuk bisa join ke barbershop anda.
6. Produk Perawatan Kulit.
Sebenarnya pria butuh produk perawatan khusus kulit yang diperuntukan pemakaiannya setiap hari. Pergeseran ini sudah terlihat di kota besar dimana pelangan pria sudah ingin dimanjakan dengan perawatan seperti ini. Jadi anda bisa melihat peluang ini jika pelanggan anda nanti sudah mulai berdatangan dan sudah percaya dengan jasa yang telah anda berikan.
7. Sistim Barbershop.
Agar alur kerja rapi dan terstruktur anda harus menciptakan sistem yang harus diterapkan baik untuk personil atau pelanggan. Sistim ini perlu agar tidak terjadi kekacauan pada bisnis ini berjalan misalnya anda bisa membuka layanan booking jika pelanggan anda sudah banyak serta harus menerapkan budaya antri. Menurutnya sepele tetapi sangat menentukan kenyamanan seluruh pelanggan anda.
8. Promosi Barbershop.
Setiap bisnis harus ada promosi baik secara konvensional ataupun online. Promosi yang dimaksud adalah memperkenalkan bisnis ini dengan cara waktu tertentu diberikan diskon atau harga khusus bagi mahasiswa atau pegawai kantoran sebagai pelanggan utama. Memang harga yang ditawarkan menengah keatas tetapi tidak ada salahnya anda membuat regulasi untuk memperkenalkan barbershop ini kepada pelanggan baru yang tentu akan bermafaat untuk jangka panjang. Promosi yang juga bisa anda terapkan adalah membuat website atau media online untuk menjangkau pelanggan baru yang tentunya masik dalam coverage alamt barbershop anda.
9. Konsisten Serta Inovasi.
Bisnis berjalanan tidaklah instant berhasil dalam waktu sekejab. Buatlah bisnis barbershop ini sebagai kekosistenan anda untuk bisa menjadi tumpuan pendapatan hidup dan bukan sebagai batu loncatan. Anda juga harus memperluas pengetahuan dengan adanya inovasi untuk sebuah barbershop dengan melihat perkembangan teknologi baik dalam revolusi menggunting rambut serta perawatan kulit. Ada beberapa turorial yang bisa anda pelajari dengan teknik mencukur kumis dan brewokan sebagai penambah service jasa kepada pelanggan.
HARGA TARIF BARBERSHOP.
Untuk tarif sebenarnya sesuai dengan daya serap bayar dari pelanggan anda di lokasi tempat berdiri. Untuk harga di Jakarta tidak sama dengan harga yang ada di daerah lain misal di Padang, Pekaanbaru, ataupun Papua. Sesuaikan kemampuan pelanggan anda untuk bisa membayar pada saat berkunjung. Harga rata-rata di Jakarta bisa menjadi patokan anda antara IDR 25.000 - IDR 30.000 dengan adanya service jasa tambahan cukur kumis dan brewok pakai foamy serta handuk hangat, untuk kebersihan tambahan cuci rambut sebagai optional. Jadi terapkan harga yang dipajang sesuai dengan jasa yang diterima oleh pelanggan.
ANALISA BISA BISNIS BARBERSHOP.
Untuk biaya pertama membuka barbershop sesuai dengan kapasitas dan kesempatan dimana bisnis ini berdiri. Jika anda memiliki tempat ruko sendiri menjadi nilai plus karena anda tidak memikirkan biaya sewa selama setahun. Untuk aset barbsershop termasuk kursi, cermin, lampu, serta infrastruktur lainnya tergantung dari kebijakan.
Estimasi Asumsi Rincian Biaya
Sewa Ruko 1 tahun : IDR 15 jt - 20 jt.
Aset Barbershop: IDR 25 jt.
Instalasi: IDR 3jt.
Dekorasi: IDR 4jt.
Lain-lain: IDR 4 jt.
Modal awal pendirian: +/- IDR 50 jt.
Untuk tenaga kerja tidak saya masukan karena asumsi ini anda sendiri sebagai tenaga barbershopnya. Jika berjalannya waktu dan pelanggan sudah ramai anda bisa menambah tenaga tambahan yang bisa digaji bulanan, UMR tergantung dari daerah mana. Jika di Jakarta UMR sekitar IDR 2,5 jt perbulan. Atau sistem bagi hasil 60:40 yang disepakati antara pemilik dan tenaga barbershop.
LAIN-LAIN.
Tergantung dari kebijakan anda untuk membayar gaji karyawan tambahan. Opsi lain anda bisa menerapkan pola bagi hasil dengan pola 40% dari pendapatan tukang cukur rambut. Jadi bisa disesuaikan dengan negosiasi anda dengan tenaga tambahan tersebut.
TIPS.
Untuk sebuah barbershop sudah menjadi kebutuhan primer seorang pria. Penampilan harus ditata dengan cukur rambut sesuai dengan model yang pelanggan inginkan. Yang paling penting bisnis barbershop ini adalah lokasi yang sangat strategis, harga bersaing, serta jasa service ke pelanggan maksimal. Kebutuhan barbershop untuk seorang pria masih terbuka luas tergantung kecermatan anda untuk masuk ke pasar. Nah, pastikan komponen penting jangan terlewatkan agar anda bisa memenangkan kompetisi dalam bisnis barbershop ini. Hal yang paling penting adalah ciri khas yang akan anda jual sebagai nilai tambah lainnya juga harus dipertimbangkan, berani beda dalam hal pekerjaan adanya bonus tambahan atau adanya promosi tertentu dengan potongan harga bisa anda terapkan saat barbershop mulai dibuka. Anda jangan terlalu memaksakan diri untuk langsung cepat sukses tetapi prematur karena banyak sekali kerugian yang akan anda rasakan saat persaingan barbershop ini telah menjadi fenomenal bagi kaum milenial yang butuh tempat nyaman dan menyenangkan. Tekuni dan berikan yang terbaik sesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki, konsumen adalah raja harus menjadi mindset karena konsumen selalu benar. Apabila anda lengah makan konsumen setia anda akan berpindah ke barbershop lain.
Baca juga:
Strategi Pemasaran Dan Marketing Barbershop Setelah Berjalan Satu Tahun Penuh
GALERY CONTOH RUANGAN BARBERSHOP
Poto oleh: barbersroom.co.nz |
Poto oleh: timeout.com |
Poto oleh: theresident.co.uk |
Poto oleh: hwmr.us |
Baca juga:
Contoh Bisnis Plan Khusus Untuk Barber Shop Skala Kecil Bagi Pemula
Contoh Dekorasi Barbershop Sebagai Referensi Untuk Sebuah Bisnis Khusus Gunting Rambut Pria
Tips Memulai Bisnis Gunting Rambut Pria Barbershop Di Pusat Kota
Peluang Usaha Bisnis Kecil Untung Besar Populer Disukai Anak Muda Kreatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar